SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

Sensasi Ke Puncak Piramid


Pegunungan Hyang atau yang di kalangan pecinta alam biasa disebut pegunungan Argopuro pasti masuk dalam list para pecinta gunung hutan. Trek pendakian ke puncak Argopuro dikenal sebagai yang terpanjang di Pulau Jawa. Bahkan Argopuro juga dikenal sebagai surganya pendaki.

Membicarakan tentang keindahan alam yang terkandung di dalam pegunungan Argopura memang tidak akan pernah ada habisnya. Argpuro memiliki sejuata keistimewaan yang dapat dilihat dari berbabagi sisi mulai dari kenampakan alamnya yang indah nan  memukau hingga flora faunanya yang masih terjaga keasriannya. Disisi lain dari pegugunungan Hyang, tepatnya di sektor timur lereng Argopuro terdapat gugusan gunung yang menarik untuk di telusuri.

Gunung tersebut adalah komplek gunung Saing. Dalam komplek gunung tersebut terdapat beberapa gunung diantaranya adalah Gunung Salak, Gunung, Piramid dan Gunung Saing itu sendiri. Dinamkanan gunung saing karena terdapat beberapa gunung dengan puncak-puncaknya yang saling bersaing seolah-olah beradu untuk saling tinggi-tinggian.

Yang akan dibahas dan dijelajahi pada kesempatan kali ini adalah salah satu gunung yaitu Gunung Piramid. Gunung Piramid atau yang lebih kerennya disebut Puncak Piramid adalah satu diantara beberapa puncak dalam komplek gunug saing. Puncak Piramid adalah puncak yang terletak di sebelah tengah. Sesuai dengan namanya, Puncak Piramid merupakan puncak gunung yang jika dilihat dari jauh bentuknya sama / mirip dengan Piramida Mesir. Oleh karena itu gunung ini dinamakan Gunung / Puncak Piramid.

Puncak Piramid saat ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan mungkin artikel ini adalah satu-satunya catatan yang ada di dunia maya yang membahas tentang Puncak Piramid. Tapi jangan salah, bukan karena gak banyak dikenanal terus gunung ini tidak memiliki keistimewaan. Puncak Piramid bisa dibilang surga / keistimewaan tersembunyi yang ada di kota kecil (Kabupaten Bondowoso) ini. Karena belum banyak tersentuh itulah gunung ini menjadi tetap alami tanpa sampah sedikitpun.

Tak sekedar bentuknya yang memukau, pemandangan yang di dapat juga sangat indah jika berhasil mencapai puncaknya. Selain itu, Puncak Piramid juga memiliki keistimewaan lain yang tak ada duanya. Di atas puncak keseluruhan kota Bondowoso akan terlihat jelas. Tak hanya puncaknya, jalur / track menuju puncak pun sangatlah aduhai.

Mengawali perjalan akan melintasi sebuah perkampungan penduduk dengan jalan makadam. Selanjutnya jalan akan berubah menuju kawasan hutan pinus, setelah itu vegetasi hutan akan semakin lebat hingga mencapai lembahan yang ditandai dengan adanya sungai. Di sungai ini pendaki dapat mengisi perbekalan air minum. Sebaiknya pendaki membawa air yang banyak karena tidak akan dijumpai lagi mata air. 

Setelah melalui lembahan / sungai, perjalanan akan mulai menanjak menuju punggungan. Saat menuju punggungan akan melalui hutan yang masih alami. Tidak ada jalan pasti untuk samapai ke atas. Semak belukar, pohon besar dan terkadang pohon tumbang menjadi rintangan perjalanan. Membuat jalur tikus menjadi satu-satunya pilihan untuk mencapai puncak punggungan. Sesampainya di punggungan, jalur akan semakin terlihat jelas yang ditandai dengan dataran yang kanan kirinya jurang. Tinggal mengikuti jalur punggungan hingga mencapai sebuah batu besar yang di atasnya terdapat pepohonan. Dari sini perjalanan akan mulai terasa extrim.

Setelah melewati batu akan memasuki batas vegetasi. Disini tidak akan akan ada lagi pepohonan, yang ada hanya rumput ilalang yang menyelimuti tubuh gunung. Dari sini adrenalin akan terpacu. Sensasinya pun akan berubah menjadi mendebarkan. Dengan Keadaan jalur yang rata-rata hanya selebar setengah meter dengan kemiringan rata-rata 45 - 80 derajat akan menjadi tantangan tersendiri. Selain itu sepanjang jalur kanan-kirinya adalah jurang yang dalam. Ditempat ini langkah kaki harus diatur dengan extra hati-hati, salah melangkah sedikit akan berakibat fatal. Hati-hati dalam melangkah karena kontur tanahnya sangat labil dan mudah longsor.

  
Kondisi pucuk / puncak gunung luasnya hanya sekitar 5 meter persegi dan berhadapan langsung dengan jurang yang dalam. Di puncak tidak dapat mendirikan tenda. Jika berminat menginap hanya bisa tidur dengan beratapkan langit. Dataran puncak hanya cukup untuk beberapa orang saja. Jika telah sampai puncak, jangan senang dulu karena tantangan belum berakhir. Perjalanan turun akan lebih extrim dan lebih menantang dari perjalanan naik. Saat turun akan memakan waktu lebih lama daripada saat waktu naik. Tak jarang kita akan berjalan dengan delosor kebawah seperti anak kecil yang main pelosotan. Sepanjang perjalanan turun tidak akan menemui batang / ranting pohon untuk berpegangan. Yang ada hanya rumput ilalang yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan diri. Keberanian dan tekat serta perhitungan yang tepat akan menjadi penentu perjalanan.

Estimasi waktu selama perjalanan:
*NAIK*
Start perkampungan: 06:00 -
Sungai 07:00
Punggungan: 08:30 -
Batu Langger / Batu besar: 09:00 -
Batas vegetasi: 09:10 -
Puncak: 12:15 -
*TURUN*
Start Puncak: 12:30 -
Batas vegetasi: 17:00 -
Sungai: 18:30 -
Perkampungan: 19:00

Catatatan:
  • Perjalanan di atas dilakukan oleh pendaki yang sudah memahami medan (bukan orang awam).
  • Kebanyakan pendaki pemula yang belum tau medan akan memakan waktu lama saat menuju punggungan, dikarenakan masih buka / buat jalur sendiri.
  • Kebanyakan pendaki tidak sampai di puncak karena takut (tidak punya cukup keberanian) dan kemalaman / waktu perjalanan molor.
  • Sangat tidak disarankan melakukan perjalanan malam!
  • Gunakan pakaian yang standart pendakian!
  • Safety First!
  • Jangan merusak alam! Jangan nebang pohon / semak! Nikamti aja sensasi dan blusukannya di semak-semak.
  • Jangan nyampah di gunung! Tempat sampah sudah disediakan di bawah (kota / rumah kalian).


Lokasi: Puncak Piramid, Dsn. Tegal Tengah, Ds. Curah Dami, Kec. Curahdami, - Kab. Bondowoso.


Jika anda berkenan berkunjung ke destinasi wisata Bondowoso tidak perlu ambil bingung, anda bisa memesan jasa Ojek Wisata Relawan Muda Bondowoso yakni R-JEK dengan harga terjangkau. Dengan memakai jasa R-JEK anda sekaligus berdonasi di kegiatan SOSIAL yang dilakukan Relawan Muda Bondowoso di pelosok-ppelosok Bondowoso.  Pesan segera di IG dan FB kami berikut.


Baca juga pendakian Puncak Saeng 1599 MDPL


Redaktur: Im-Im Chocho

1 comments: