SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

Sakiman Napak Tilas Keliling Indonesia Melintasi Bondowoso

“Seorang Penyemangat Melintasi Bondowoso”
 
Sebuah kebanggaan bisa bertemu dan ngopi bareng dengan pria berpakain lusuh namun penuh semangat ini. Sakiman seorang pemuda yang pernah muncul di beberapa acara televisi, cukup terkenal di dunia maya dan vidio tentang nya banyak sekali terpampang di situs youtube. ‪‎Sakiman sang petualang yang benar-benar petualang sejati. Pria ini telah berhasil napak tilas menjelajahi ‪‎Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke dengan berjalan kaki. Dia memulai perjalannya mengelilingi indonesia sejak awal Desember 2014. Saat ini dia telah berhasil mencapai finish dan dalam posisi kembali ke daerah asalnya.

1. Sakiman Sang Penjelajah Indonesia.


Hari ini, Kamis 10 Maret 2016 saya bertemu dengan seorang pria setengah baya yang sedang berjalan menyusuri sepanjang Jalan Raya Jember - Bondowoso. Sebuah moment langka ada seorang pemuada yang memiliki tekad dan semangat seperti dia melewati daerah Bondowoso. Dengan pakaian yang lusuh tetapi beliau terlihat sangat bersemangat dengan langkah demi langkah yang pasti. Ransel yang ia kenakan berlambang burung garuda perkasa dan terpampang foto Bapak Ir. Soekarno yang gagah serta bendera merah putih yang tertancap pada ranselnya dengan di bawahnya terdapat tulisan "NAPAK TILAS KELILING INDONESIA".


Tak dihiraukan kebisingan suara motor dan parkirnya mobil serta orang-orang sekitar yang melihatnya dengan aneh, dan dia berjalan terus dengan tidak ada keraguan. Seolah beliau tengah mengingatkan kembali kepada saya arti semangat yang sesungguhnya, tidak peduli dengan keadaan sekitar yang menghambat perjalanan hidup, melangkahlah dengan pasti tanpa keraguan.

“Semangat berjuang!!”


Beruntung sekali saya berhasil mengajaknya singgah di sebuah warung kecil di pinggir jalan untuk sekedar ngopi dan ngobrol dengannya. Sayang sekali hanya sebentar perbincangan saya dengannya, dia langsung berpamitan untuk melanjutkan perjalann ke Probolinggo melalui arak-arak. Meskipun hanya sebentar, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan darinya. Semoga orang ini tetap diberi kesehatan dan tercapai apa yang menjadi tujuan dan yang dicita-citakannya.

_____________


#Sakiman ‪‪#napaktilas #‎kelilingindonesia #indonesia ‪#‎merahputih ‪#‎soekarno ‪#‎jelajahindonesia ‪#‎jejakbudaya ‪#‎backpacker ‪#‎pecintaalam


2. Imam Syafi'i. Sekertaris Umum Relawan Muda Bondowoso (kiri). Sakiman Sang Penjelajah Indonesia dengan berjalan kaki. (Kanan).



………………………



Sekilas Cuplikan Percakapan dengan Sang Petualang Penuh Semangat #Sakiman.


Saat aku berbagi cerita tentang pengalaman menjelajahi daerah pelosok, semak dan kesasar, dia menanggapi. "Bukan PA kalau gak nyasar, bukan backpacker kalau takut dengan panasnya jalanan", ucap beliau. Mendengar kalimat itu aku jadi tambah semangat untuk menjelajahi seluk-beluk belukar wilayah Bondowoso.


Sebagai warga Bondowoso tak sah rasanya jika tidak mengetahui tentang seluk-beluk wilayah pelosok kota sendiri. "Mumpung masih muda dan free kenalilah kotamu, pasalnya sekarang itu banyak orang yang tidak tau dengan daerah kelahirannya sendiri". Gimana mau peduli dengan daerah kelahirannya, memikirkan tentang keadaan daerahnya sendiri aja acuh.

Selama melakukan perjalanan cobalah untuk melatih (kepekaan sosial) mu". Sekarang itu banyak sekali orang yang sering kelayapan tanpa sebuah makna, mereka hanya mencari kesenangan semata yang identik dengan wisata background. Ketahuilah, pada hakikatnya dalam perjalan itu "yang terpenting adalah pengalaman serta cerita dibalik itu semua".


"PA tidak khawatir tentang tempat tidur". Jangankan di POM bensin, di semak belukar hutan basah aja bisa tidur dengan tanpa alas. "PA itu dapat hidup dimana saja dengan pengeculian tidak mengnganggu lingkungan sekitar.

Bagiku semua yang ada di bumi ini adalah sahabat. Entah itu si ngok-ngokk (celeng), si auuuukkkh (anjing), si pemusik jangkrik dan mahluk hidup lainnya, bahkan semua benda mati sampai badai pun adalah sahabat. Sahabat itu harus mengerti dan tau cara meng-aplikasikan diri dengan "(sahabatnya)". Dengan memahami sahabat niscaya perjalanan hidup ini akan harmonis.


Jadi, "Jangan pernah takut", singkirkan dan abaikan segala hal yang mengganggu. Bulatkan tekat, kokohkan niat, dan kobarkan api semangat untuk mencapai tujuan hidup kita. "selama niatnya baik, yakinlah Tuhan akan bersama kita".


____________


Oke! RMB We Can!

>> Relawan Muda Bondowoso <<
Redaktur: Im-Im Chocho

Baca Juga Cerita Sakiman dengan Jejak Budaya. di Tenggarong