Sa'atnya yang muda berkreasi !!!

Sa'atnya yang muda berkreasi !!!

HAPPY CAM #2 Wisata Lampetta Olar Dan Explore Goa Pacalan




Asalamualaikum tretan, apa kabare?
Pernah tau wisata lamppeta olar gak?
Penasaran gak kalo dulu di bondowoso ada ular gede? pasti serem ya membayangin ada jejak fosil ular purba.

Jangan kawatir kali ini kita akan menjelaskan lappeta olar dengan kegiatan RMB di lokasi tsb, kegiatan tahuanan RMB di akhir tahun yaitu HAPPY CAMP. sebuah kegiatana camping bersama di lokasi wisata Bondowoso meditasi dengan alam untuk menumbuhkan ide dan semangat sebagai pemuda pegiat Bondowoso serta promosi wisata Lampeta olar. Pada tahun 2017 lalu Happy Camp bertempat di kawah wurung yang merupakan wisata unggulan Bondowoso dan cukup banyak  minat pengunjung setiap minggunya, dan kali ini di tahun 2018 ini kita memilih lokasi yang boleh dibilang belum cukup popular bagi masyarakat Bondowoso, yaitu Wisata Lampeta Olar (Jejak Ular).

WANA WISATA LAMPETTA OLAR

  Lampeta Olar berada di Dusun Murina  Desa Cakring Kec Prajekan Bondowoso, mulai di angkat sekitar tahun 2017-2018, dengan wahana yang ditawarkan berupa bebatuan yang spiral menyerupai punggung ular yang melingkar, serta panorama sekitar wisata yang lapang di tumbuhi pohon2 khas daerah kering layaknya safana afrika. wilayah ini merupakan daerah ketinggian dan sedikit resapan air sehingga jika kemarau datang wilayah ini sangat gersang. Namun jangan kawatir kepanasan genk..!! di sekitar wisata difasilitasi  gazebo2 untuk bersantai menikmati panorama sekitar, dan rutenyapun sudah sangat rekomendet  bisa dilalui dengan roda 2 ataupun roda 4, dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit dari Pabrik Gula Prajekan. Dari data explore kami pada pertengahan Tahun 2016, wilayah utara prajekan  kami menemukan   bebatuan spiral seperti di daerah munira tepatnya di dusun paterongan walidono yang sekarang telah di angkat menjadi wisata lappeta patek (Jejak Anjing) sayangnya batuan spiral tsb dari dulu memang di  dilalui laju kendaraan warga menuju ladang sehingga bebatuan sudah sidikit terkikis. tidak berhenti disana dari informasi warga paterongan terdapat goa yang memiliki 2 pintu yang berlokasi 30 menit dari lampeta patek, dengan rute makadam yang berlokasi di dusun Pacalan.

HAPPY CAMP #2 
 40 peserta ikut serta kegiatan camping bersama anggota RMB dan komunitas2 Bondowoso, turut serta hadir komunitas pecinta alam Situbondo waaw. Sekitar pukul 16.30 kegiatan pertama diawali dengan persiapan  seperti mendirikan tenda dan api unggun , lalu kemudian malamnya kegiatan dilnajutkan dengan sharing, meliputi sambutan2 dan perkenalan peserta happy camp. Berada di tengah2 nyala bara api unggun para peserta saling tukar pikiran serta ide2 untuk pemuda yang produktif untuk membangun bondowoso lebih baik. Ide2 pemuda inilah yang akan meluaskan cakrawala Bondowoso mereka sungguh luar biasa. Esoknya para peserta melanjutkan giat explore lappeta olar sembari menikmati matahari terbit di cela2 pohon kering, setelah sarapan pagi bersama para peserta lalu melanjutkan berkunjung ke wisata lappeta patek  dan goa pacalan. seruuu pokoknya.




GOA PACALAN
 Goa Pacalan sendiri oleh penyebutan warga, karena memang lokasinya berada di sisi selatan perkampungan dusun pacalan. lokasi yang berbatasan langsung dengan wilayah Situbondo. Artinya Goa Pacalan sendiri masi di wilayah Bondowoso sedangkan Dusun Pacalan berada di wilayah Situbondo. Goa yang memiliki 2 pintu masuk yang saling bertembusan memilik panjang kira2 150 meter. informasinya warga Pacalan setiap tahunnya goa pacaan sering di adakan kegiatan syukuran warga,  tidak heran ketika explore goa terpasang saluran listrik. Dan sekarang pun Alhamdulilah telah tertancap Plang/Penanda Wana Wisata oleh dinas Pariwisata  dengan tujuan menjaga kelestarian warisan tsb. Berbicara tentang Goa tentunya sebagian besar bebatuannya adalah batuan kapur, dari pantaun kami selain bertani sebagian warga pacalan memanfaatkan batuan kapur untuk mata pencarian di sisi utara Goa Pacalan,

 Menuju goa pacalan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari Pabri Gula Prajekan karena memang akses jalan bebatuan menanjak dan makadam, disarankan untuk tidak memakai kendaraan metic dan  disarankan untuk berkunjung pada musim kemarau agar tidak licin dan panorama lebih mirip afrika.






explore goa pacalan oleh peserta happy camp, bersama-sama masuk dan menelusiri goa, dari pintu utara ke pintu selatan, tidak lama para peserta di dalam goa karena mungkin beberapa peserta baru pertama kali memasuki goa. sembari berlamaan  menunggu peserta lain berkumpul, tak lupa menikmati cemilan dan panorama di sekitar goa di bawah pohon yang rimbun. Kebersamaan dalam kehangatan menjadikan explore kali ini spesial terlebih dengan medan yang berat enuju goa menjadikan pengalaman cerita untuk tua nanti.


  Seluruh kegiatan happy camp usai pukul 13.00 para peserta serentak meninggalkan Goa Pacalan dan kembali ke rumah masing-masing. Kami sangat berterimakasih kepada seluruh element yang ikut berkontribusi dalam kegiatan Happy camp 2 sehingga acara berjalan  lancar. Semoga tahun depan kita dapat berkumpul kembali explore bersama dengan Happy camp #3. Salam Lestari





Dokomentasi :



Video Happy Camp #2