SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

Panorama Dam Blimbing dan Air Terjun Tancak Macan



Kali ini kami akan kupas tentang Wisata Dam Blimbing,  Dam blimbing merupakan potensi objek wisata baru yang berada di desa Gadingsari, Kec Pakem Bondowoso. Tempat ini berada di pinggiran lereng sungai Delubeng yang menurut penduduk setempat merupakan bangunan irigasi peninggalan belanda yang fungsinya untuk mengairi lahan pertanian  di sekitar desa gadingsari dan sekitarnya.
Saat berkunjung ke tempat ini, kita jumpai beberapa potensi wisata yang menakjubkan misalnya panorama sawah yang dan sungai Delubeng layaknya Amazon, Air terjun Tancak Macan, hempasan dam blimbing yang menyerupai Air Terjun Damar Wulan di Kabupaten Jember, saluran irigasi juga bisa difungsikan sebagai sarana bermain Tubing dengan melewati terowongan saluran irigasi,  yang di atasnya merupakan jalan bagi pengendara menuju desa di sisi utara sungai Delubeng.
Yang menjadi tantangan buat kami  adalah jalan setapak menuju dam blimbing sangat menghabiskan andrenalin, pasalnya jalan sepanjang 2KM melewati bibir irigasi  hanya cukup muat 1 sepeeda motor , dengan disisi kiri adalah saluran irigasi dan sebelah kanan berupa jurang puluhan meter, sangat extrim  gan!!.

AMAZON BONDOWOSO
Sungai Delubeng merupakan sungai yang berada di perbatasan wilayah Kab Situbondo dan Bondowoso, sungai yang mengalir dari hulu Pegunungan Hyang dan bermuara ke  Selat jawa dan memiliki Arus dan debit besar dengan kanan kiri sungai digunakan oleh warga untuk lahan pertanian, jika kita melewati Jalur menuju dam blimbing yang berada lebih tinggi dari dasar sungai, maka kita dapat  melihat panorama layaknya Amazone, dengan sungai yang berbelok-belok dan lahan pertanian kanan kirinya sepanjang sungai. keren gan !!
Jembatan sekaligus saluran Irigasi

Panorama Dam Blimbing

Saluran Irigasi Dam Blimbing

Sisi Timur

Sisi Barat

Salah satu Tempat untuk melihat Amazon Bondowoso

AIR TERJUN TANCAK MACAN
Tahun 2015 Relawan Muda Bondowoso pernah mengexplore Air Terjun Tancak Macan, namun pada waktu itu untuk menuju ke Air Terjun dengan menyusuri tebing dari jalur Desa Koalas. Nama Air Terjun Tancak Macan dinamai oleh para Explore RMB karena di desa tesebut terdapat monumen patung macan. dan bebarengan dengan  heboh hebohnya pembongkaran patung macan milik TNI.
Untuk menuju ke Air Terjun ini dari Dam Blimbing kita  harus menyebrangi sungai Delubeng yang mengarah ke desa terahir berada disisi utara, sekaligus untuk menitipkan sepeda motor.  Kemudian setelah itu  menyebrangi sungai kembali dan melewati persawahan warga barulah kita bisa menikmati Air Terjun ini, butuh waktu  sekitar 30 jalan kaki. Air terjun ini cukup tinggi  kurang lebih 20 meter dengan 2 undakan, sayangnya air terjun ini debit airnya musiman, baru bisa debit besar ketika musim penghujan.


Air Terjun Tancak MAcan Musim Kemarau
Tancak Macan

TUBING DAM BLIMBING
Selain sebagai saluran irigasi Dam Blimbing bisa juga digunakan aliran irigasinya untuk Tubing sederhana, melewati jembatan irigasi sepanjang ±200 M  menyerupai terowongan dan diatas terowongan  tersebut merupakan jalan menuju desa terakhir. Tidak jeram sih tapi ada rasa sensasi tersendiri melewati terowongan irigasi Dam Blimbing, jika anda mau mencoba perlu pelampung agar tidak tersenggol batu di dasar sungai irigasi. Selain itu juga ada hempasan Dam Blimbing yang bisa digunakan untuk mandi dan seru-seruan, hempasan air ini seperti Air terjun Damar Wulan yang mulai hits di Kabupaten Jember, kayaknya siih hehe.

Terowongan Dam Blimbing
Kak Zen  lagi mencoba terowongan Dam Blimbing

Hempasan Dam Blimbing
Hempasan Dam Blimbing

Bagaimana rute untuk menuju Dam Blimbing? dari Bondowoso ambil jalur menuju Kecamatan Pakem dengan perjalanan 45 menit, dari Kantor Kecamatan anda ambil lurus ke arah barat sampai di pasar pakem, kemudian pertigaan ambil arah ke kanan atau utara, dari sana ± 250 M ada pertigaan lagi ke arah barat jalan kecil muat 1 mobil, kemudian mengikuti jalan tersebut sampai di pertigaan lagi( selep padi), lalu anda ambil ke arah kiri atau selatan kemudian, lurus sekitar10 menit nanti akan ada jalan paving yang mengarah ke bawah, dari sana anda akan melewati jalur bibir irigasi Dam Blimbing. Jika anda ragu, anda bisa bertanya ke warga setempat atau anda bisa memesan ojek wisata RMB yaitu R-Jek.

Titik Kordinat Sudah Kami sediakan di Google  Map : klik

Page FB : @RMB.WE.CAN
IG : @rmb_bondowoso



Video Saluran Irigasi Dam Blimbing