SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

Sensasi Panorama Ketinggian Bukit Ko'ong (BK-02) Bondowoso



Panorama sisi utara

Bondowoso kini makin identik dengan wisata alam dan peninggalan sejarah. saat ini sudah banyak bermunculan tempat wisata baru meliputi air terjun, tebing, gua, bukit, rawa dll. Melihat Letak geografi Bondowoso tidak heran jika Bondowoso memiliki semua kekayaan alam serta potensi wisata alam yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai pilihan tempat explore ketika akhir pekan tiba. Seperti yang ada di daerah Maesan yaitu Bukit Ko'ong. Potensi wisata yang satu ini sebenarnya masih belum ngehits seperti halnya bukit scorpio, bukit mahadewa, atau bukit P28, tetapi dari suguhan pemandangan ketinggian tak kalah menariknya tempat untuk photoshoot bagi yang hobi selfie atau foto landscape dari sudut yang berbeda. Bagaimana tidak, pesona Bukit Ko'ong menawarkan destinasi ketinggian  alam yang indah, Disisi barat hamparan bukit, sawah, jejeran pegunungan Hyang dengan hutannya  serta pemukiman warga. disisi timur dapat menikmati panorama landscape ketinggian dengan view Bondowoso Maesan dan Gunung Raung ataupun Gunung Ijen, disisi utara anda dapat menikmati pemandagan gugusan Pegunungan Hyang yang bekelok-kelok dengan lembahnya, disisi selatan anda juga memgamati  daerah jember dari ketinggian. 

Panorama sisi barat

Lokasi : Bukit Ko'ong terletak di Desa Tanah Wulan Kec. Maesan Kab. Bondowoso,
Rute Bukit Ko’ong : Mengenai rute untuk menuju ke tempat ini sangat mudah dari Bondowoso ambil jalur menuju SD Tanah Wulan 1 yang membutuhkan waktu 30 menit, di SD Tanah Wulan tersebut anda sekaligus bisa menitipkan sepeda motor di rumah waker SD Tanah Wulan.  kemudian anda mengharuskan  mendaki bukit Ko’ong yang berada di sisi utara SD Tanah Wulan. Disarankan untuk pendakian membawa perlengkapan dan Stamina lebih, karena untuk rute pendakian ini masih menggunakan jalur warga menuju ke ladang dengan kondisi terjal, kurang lebihnya membutuhkan waktu 1 jam perjalanan pendakian.
Fasilitas : Untuk fasilitas mashi belum ada mengingat tempat ini  belum ada pihak yang mengelolah, hanya saja di puncak bukit ada gardu/gazebo sederhana buatan warga yang bisa digunakan untuk berteduh, di sisi barat daya ada juga batu besar yg bisa dipakai untuk tempat selfie.
Tiket : untuk masuk ke tempat ini gratis, hanya saja mungkin anda ingin memberi upah penitipan sepeda motor.

Panorama sisi utara musim hujan

Explore bukit Ko’ong ini oleh Relawan Muda Bondowoso pada bulan mei 2017 ketidak sengajaan, pasalanya kang Ocit dan Kang Zen waktu itu hendak mengexplore Air Terjun yang berada di lereng Pegunungan Hyang bagian barat Kec Maesan. Karena cuaca tidak mendukung dan kondisi bensin yang menipis akhirnya memutuskan untuk mendaki bukit yang tepat berada di depan mata mereka. Kekecewaan itupun urung ketika bukit yang nampak pendek ini jika didaki memilik panorama ketinggian yang sangat berpotensi sebagai wisata.
Panorama sisi selatan


“Jangan menyerah dan takluk pada kegagalan. Bersukurlah atas itu, lalu lihat sekitarmu  mungkin ada jalan yang baik engkau lewatkan”. Relawan Muda Bondowoso


Page FacebookKlik

InstragramKlik
Lokasi Bukit Ko'ong :Klik

Berikut Video Bukit Ko'ong yang dihimpun oleh team HUMAS Relawan Muda Bondowoso