Sa'atnya yang muda berkreasi !!!

Sa'atnya yang muda berkreasi !!!

Puncak Mt. Gulgulan 1406 MDPL




Asalamualaikum Wr Wb

Pegunungang Hyank/Argopuro (3088 MDPL)  termasuk 10 gunung tinggi di jawa dan sangat populer di kalangan pendaki karena track terpanjangnya (via baderan) serta keindahan alam yang terjaga baik frola faunanya serta peninggalannya. Gunung Argopuro terletak di 4 Kabupaten yaitu Jember, Lumajang, Situbondo, dan Bondowoso. Untuk sampai ke puncaknya selama ini masi menggunakan 2 jalur yaitu jalur pendakian via Baderan Situbondo dan Via Bermi Situbondo.

 SISI TIMUR ARGOPURO
Secara geografis sisi timur Argopuro masih dalam kawasan Bondowoso. Dapat dilihat dari kontur Gunungnya menyerupai susunan berlapis lapis akibat letusan gunung dahulu kala  sehingga terbentuklah cela mengalirnya magma, sebab hal tersebut membentuk seperti anak gunung dengan track punggungan. Seperti G. Saing, G Piramid, G salak, G. Krincing, G.Gulgulan, G. Tanggus G. Peggek, G. Pettetan, dan masi banyak lagi. Nah  kali ini kita akan menjelaskan sedikit tentang G. Gulgulan dan pendakiannya.

MT. GULGULAN
Mt. Gulgulan berada di wilayah Kecamatan Grujugan Bondowoso, Mt Gulgulan sendiri berasal dari bahasa madura yang artinya punggung sapi, jika dilihat sepintas memang menyerupai punggung sapi sehingga warga menyebutnya G. Gulgulan. Rute untuk mencapai puncak masih menggunakan jalur warga untuk ke ladang dan  mencari burung  ke gunung butak, jalur tersebut berupa punggungan gunung dengan kemiringan 40-80 drajat. Wilayah ini masih sangat subur, tanah gembur, air melimpah sehingga tidak heran  banyak warga memanfaatkan lereng gunung untuk pertanian. Ketinggian G. Gulgulan  sendiri 1406 MDLP, dengan sebagian besar diselimuti rumput ilalang dan rumput liar lainnya. Letaknya berada di sebelah selatan G saing, G Piramid, G Salak. 

HISTORY EXPLORE 
Pada 22 Agustus 2018 telah terjadi kebakaran di wilayah ini baik G.Gulgulan, G. Piramid G.Saeng dan sekitarnya. Entah itu perilaku alam ataupun manusia, baiknya kita sebagai kholifah haruslah menjaga alam serta mahluk hidup lainnya. Dari sanalah  Pakabon dan timnya kemudian mencoba untuk menelusuri area ini dengan tujuan explorasi akibat kebakaran dan akhirnya sampailah di puncak Gulgulan. Pesona yang indah yang ditawarkan dari puncak inilah kita bisa melihat panoram alam ketinggian Kota Bondowoso, hingga saat ini dibuatlah Basecamp pendakian Gulgulan dan Tanggus dengan memanfaatkan sinergi pemuda sekitar. Sekarangpun jtelah terpasang  benner bertulisan Basecame Mt Gulgulan di Gapura pendakian, hal ini merupakan  karya pemuda Patirana sinergitas pariwisata Bondowoso. keren bukan? Semoga pemuda patirana juga bisa menjaga keseimbangan alam disana.

 PENDAKIAN GULGULAN
Bertepatan dengan pergantian tahun 2018-2019 rekan Explore RMB berkaloborasi dengan Padepokan Patirana Kang Sukron mengadakan pendakian bersama puncak Gulgulan yang memiliki ketinggian 1406 MDPL. Hadir 32 Peserta dalam pendakian bersama ini, serta dari RMB sumbangsih berupa plakat untuk titik puncak Mt Gulgulan. Pendakian bersama ini dilakukan pada malam hari setelah sholat magrib, hal ini untuk menghidari terik matahari karena kondisi rute yang akan dilalui sedikit ditumbuhi pepohonan. Rutenyapun tak kalah extrim dari Mt Piramid ataupun Mt Saing, yap karena memang beberapa puncak gunung di sisi timur Argopuro konturnya sirotolmustaqim artinya hanya 1 jalur dengan lebar pijakan 0.4 - 1.5 meteran di apit jurang puluhan meter. Sekarang jalur seperti ini lebih populer kalangan para pendaki disebut "Punggung Naga". 
Pemberangkatan dibagi 2 Kloter, Kloter pertama pemberangkatan setelah sholat magrip pukul 18.30 target Camp di puncak, dan Kloter ke 2 pukul 21.00 target camp di campground. Estimasi  waktu kurang lebih 2 jam dari basecame  menuju Campground dengan medan licin karena kondisi setelah hujan, akan tetapi para sahabat pendaki ini pantang menyerah.

Di campground para pendaki beristirahat sembari menunggu pergantian tahun dan mengisi tenaga untuk pendakian selanjutnya pukul 03.00. Ditengah2 nyala bara api  berbagi kisah serta sejarah2 gunung Gulgulan dan wisata Bondowoso, hingga tk teras percikan kembang api di Wilayah Bondowoso kota mulai membias, tidak hanya disana kami melihat di puncak Mt Saing ada percikan kembang api. Sempurnahlah bagi kami menikmati pergantian tahun di Mt Gulgulan. Pukul 12.15 kamipun menuju tenda walaupun beristirahat hanya 2 jam. Sebelum kami terlelap, ada perstiwa unik di campgroud yang dilakukan pemuda patirana, memanfaatkan pohon di sekitar camp dan sarung yang mereka bawa, dibuatlah semacam  tenda gantung. Caranya 2 pohon yang bercabang di fungsikan menahan kayu yang menghubungkan kedua cabang tsb, kemudian sarung yang  menggatung sebagai tempat tidur, keren kan ? ketika mereka ditanyai alasannya cukup prefesional yaitu menghindari hewan liar seperti babi, semut dll dan memang mereka sudah terbiasa dengan kondisi diarea ini.

 03.00 para peserta telah siap untuk memulai pendakian atau summit ke puncak Gulgulan. Dengan medan yang akan dilalui jalur punggungan dengan sirotol mustaqimnya. Komdisinya cukup menantang terlebih hanya penerangan senter serta medan licin, namun berkat kerja sama dan panduan guide pemuda patirana, sekitar  pukul 5.30 para pendaki sampai puncak dan disambut hangatnya kopi ala Kloter 1, jadi perjalanan pendakian dari campgroud memerlukan waktu 2.5 jam.


Sampailah 32 peserta pendakian bersama ke puncak Gulgulan, dengan panorama yang sangat memukau memanjakan mata, sisi timur kita dapat melihat menikmati panorama kota Bondowoso dari ketinggian, di sisi utara panorama G. Piramid, Saeng , Salak, dan Tanggus. Sisi barat dan selatan berupa pengunungan berlapis dengan hutannya seperti Krincing dll. dan  pagi sang mentari mulai memijar dari Gunung Raung, pun jika beruntung akan terasa di atas awan.  waaw dah..

 PLAKAT MT GULGULAN
Setelah menikmati pagi yang memukau di puncak, para tetuah Patirana Mr. Sukron dan Mr Pakabon RMB mengajak para pendaki lainya berkumpul untuk menyaksikan penanaman Plakat Gulgulan. Plakat ini dimaksudkan sebagai tanda Sinergitas RMB untuk wisata Bondowoso dengan hadirnya pendakian Gulgulan. Dengan harapan bersam ini dengan adanya jalur pendakian Gulgulan masarakat serta pemuda mendapat imbas yang baik, dan alam patirana mendapat perhatian dari masarakat sekitar terutama pemerintah desa dengan menjaga kelestariannya baik alam serta mahluk hidup, serta  harapan Mt Gulgulan dan wilayah Patirana salah satu destinasi wisata yang dapat menunjang Pariwisaata Bondowoso unggulan.

ESTIMASI DAN KONDISI JALUR GULGULAN

Kota Bondowoso   -   Basecamp Gulgulan  : 15-20 menit
Basecame Gulgulan  -   Campgroud            : 2.15 jam (jalur warga ke lahan pertanian)
Campgound   -   Puncak Gulgulan               : 2.5 jam (jalur Sirotol mustaqim)
Puncak Gulgulan   - Basecamp Gulgulan    : 2 jam

-  Register hanya 15K termasuk parkir kendaraan
-  Sewa Guide hanya seiklasnya dari para pendaki

Yang perlu diperhatikan saat Pendakian Mt Gugulan :
1. Dilarang membuang sampah sembarangan dan vandalisme
2. Sopan santun saat pendakian, tidak urakan, terutama saat pendakian malam
3. Dilarang merusak/ mengambil lahan pertanian warga
4. Menggunakan Safety Firsh
5. Dilarang melakukan pendakian Ilegal
6. Jangan memaksakan pendakian jika lelah/sakit
7. Dilarang mengambil foto video saat pendakian malam
8. Saat melewati Jalur Punggungan Sirotol mustaqim harus extra hati2 baiknya bersama-sama dengan tali pengikat.
9. Dilarang melakukan pendakian jika tidak ada ilalang sebagai pegangan.
10. Mematuhi peraturan pendakian dan memahami pembinaan dari pengelolah di basecamp
11. Dilarang melakukan pendakian sendirian Minimal 5 orang,
12. Jangan meninggakan sesuatu kecuali jejak, jangan mengambil sesuatu kecuali foto/video, jangan membakar kecuali semangat untuk Bondowoso.

Kondisi Jalur dan Puncak
1. Area puncak berukuran kurang lebih 5x 30 meter cukup menampung 5 Tenda
2. Jika lelah bisa istirahat di gubuk para petani di ladang
3. Dari campgroud sampai puncak jalur sirotolmustaqim
4. Dari basecamp ke campgroud jalur warga ke ladang.
5. 80 % pendakian menanjak 30-65 derajat
6. Jalur yang ditumbuhi ilalang sangat berpotensi licin, ataupun saat hujan.
7. Di puncak tersedia batang kayu untuk perapian, disarankan jika ingin memakai untuk membawa kayu dari bawah sebagai pengganti.
8. dibeberapa titik ada jalur yang menyelipir di tepi jurang, diharapkan bersama-sama dan pegangan ke pohon atau rumput.

Nah demikian dulu penjelasaan Pendakian Mt Gulgulan, semoga penjelasaan di atas menjadi referensi buat anda yang ingin melakukan pendakian gulgulan. Terimakasih kepada Mr Sukron dan pemuda Patirana, tamu pendaki lumajang, tamu pendaki jember serta suport rekan-rekan Pengurus dan anggota RMB, donatur dari Mas Yudha RMB dan pegiat wisata RMB Pakabon dan jajarannya serta sahabat pendakian bersama ini. Salam Lestari Bumi Bondowoso.. RMB we Can..


NB : Kebersamaan dan kerja keras adalah kunci, karena tidak sama antara individu baik tentang tenaga, pengalaman dll. Baiknya samakan semua itu dalam kerja sama Team yang baik. Dan yang terpenting kembali kerumah dengan sealamaT.

VIDEO MT. GULGULAN