Saatnya Yang Muda Beraksi, RMB We Can !

Saatnya Yang Muda Beraksi, RMB We Can !

Pesona Eksotis Kawah Curah Penai dan Bukit Apet-Lepet Bondowoso



Pegunungan Ijen memang surganya bagi pecinta keindahan panoraman kawah. Tidak diragukan lagi halnya Kawah Wurung, Kawah Ilalang, Kawah Ijen menawarkan karya alam yang dapat menarik banyak wisatawan baik itu domestik ataupun mancanegara. Dari sekian kawah yang berada di pegunungan Ijen ada beberapa kawah yang belum banyak orang tau, dengan panorama tak kala indahnya . Misalanya saja Kawah Curah Penai dan Bukit Apet Lepet , kawah yang terletak di Desa Kalianyar Kec. Sempol Kab. Bondowoso atau tepatnya sebelah barat kawah Ijen, bila anda melihat ke arah barat dari pendakian ijen ada hamparan bukit yang rendah yang berlapi-lapis, itulah Bukit Apet Lepet dan di balik bukit itu anda akan dipertemukan Kawah Curah Penai.  
Bukit Apet-Lepet dari sisi barat


Bukit Apet Lepet merupakan wisata alam dengan suguhan keindahan bukitnya yang belapis-lapis , dengan hamparan ilalang yang memenuhi bukit menjadi salah satu spot terbaik yang dicari para pencinta fothoshoot, berbeda lagi dengan Kawah Curah Penai dengan hamparan lahan pertanian warga di bagian kawah dan bukit yang mungil meruncin layaknya sebuah lukisan jika di lihat dari bukit Apet lepet. tempat-tempat ini  sangat cocok untuk menambah koleksi fotogenik karena belum banyak pengunjung ke tempat ini.
Panorama Curah Penai dari Bukit Apet Lepet

Dua tempat tersebut membuat anda seperti berada di dunia dongeng, akan tetapi akses untuk menuju ke 2 tempat ini sangat menantang, jalan terjal dan berpasir membuat kendaraan susah dikendalikan. untuk rute menuju tempat ini jika anda dari Kec Sempol ambil tujuan ke Air Terjun Kalipait, sebelum sampai di air terjun kali pait atau tepatnya sebelem jembatan, anda akan dipertemukan jalan yang mengarah ke barat/kanan. dari sana anda akan melalui perjalanan dengan jalan berpasir dan terjal. sekitar 10 menit perjalanan anda akan sampai di curah penai, dan disana anda akan menengok dari jauh  hamparan pertanian warga yang sangat membuat mata dimanja. Kemudian barulah nanti di ujung jalan anda bisa menitipkan sepeda di Gardu milik warga, jika anda ingin ke mengintip panorama Apet Lepet  atau Kawah Curah Penai diketinggian anda harus sedikit menguras energi dengan mendaki bukit yang berada di selatan Kawah Curah Penai, kemudian setelah sampai di atas  bukit sampai menemukan jalan setapak lalu arahkan perjalanan anda ke arah timur hingga anda menemukan bukit Apet Lepet yang berjejer berlapis lapis. 
Lahan Pertanian Kawah Curah Penai
Karena letak 2 Lokasi ini sangat jauh dari pemukiman baiknya jika anda ingin berkunjung  mempersiapakan bekal dan perlengkapan Safety. Atau anda bisa memakai jasa Ojek Wisata Relawan Muda Bondowoso R-JEK dengan harga terjangkau tentunya siap mengantar ke seluruh destinasi wisata di Bondowoso.

Bukit Apet Lepet dari sisi Utara


Dari beberapa kawah yang berada di pegunungan ijen, beberapanya sangat dilarang untuk mengunjunginya karena area itu merupakan area Konservasi, misalnya kawah Bulan Sabit, Kawah Daun, Kawah Pintu Angin, ketiga kawah ini berada di puncak Gunung berapi di Gunung Ijen wilayah Banyuwangi. Daripada kenak tilang oleh pengawas, baiknya berkunjunglah ke wisata kawah yang lebih rekomended seperti Bukit Apt-Lepet, Curah Penai, Kawah Ijen, Kawah Wurung.