Sa'atnya yang muda berkreasi !!!

Sa'atnya yang muda berkreasi !!!

Batu So'on Solor Stonehange of Java Indonesia


Batu So'on Solor
Foto Instagram @adisusanto10
Stonehange merupakan salah satu situs bangunan jaman perunggu yang berbentuk lingkaran dan bersusun yang berada berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, negara Inggris. Kepupoleran situs Stonehange  bukan menjadi hal yang baru lagi bagi penduduk dunia, sejarah dan misteri Stonehange sudah menjadi bahan pembiacaraan yang tak henti-henti bahkan bagi para ilmuan untuk menelitinya, tak hanya itu  bagi wisatawanpun merupakan salah satu wisata  sejarah yang memiliki  makna tersendiri dengan karya unik masa manusia jaman dahulu kala.
Apakah anda pernah nonton film Transformer yang terbaru 2017?  di dalam film tersebut Stonhange di gambarkan tentang misteri dibukanya kekuatan super dari peninggalan pada jaman dahulu. Adegan ini merupakan kloning sutradara film tersebut mengenai  dugaan para peneliti dan masyarakat dunia mengenai misteri Stonhange sebagai gerbang lorong waktu. Memangnya ada benda perjalanan waktu ? kalo ada mungkin Stonehange lah jawabannya hehe tapi entalah.
Spot Selfie
Foto Instagram @sigitdim

Bagaiamana penasaran dengan Stonehange? jika anda penasaran dengan Stonehange, anda tidak perlu jauh-jauh  ke inggris, tepatnya di Kab. Bondowoso di Desa Solor Kec Cermee  terdapat Batu yang hampir menyerupai Stonhange yaitu Batu So'on Solor. Bedanya Stonehange di Bondowoso ini terbentuk secara alami, dengan struktur gugusan batu bersusun akibat proses alam. Adapun informasi menurut penduduk setempat Batu So'on memiliki sejarah tersendiri pada jamannya yaitu peninggalan kerajaan Blambangan, juga sebagian masyarakat  berpendapat bahwa Batu So'on merupakan peninggalan jaman Megalitikum. Tentunya Batu So'on Solor memiliki daya  tarik dari sejarahnya juga keindahan alamnya, namun sayangnya belum ada ahli arkeolog untuk menelitinya, padahal di Bondowoso terdapat ratusan peninggalan prasejarah, memungkinkan Batu So'on adalah sebuah peninggalan yang harus mendapat perhatian. Tercatat sebanyak +/-1200 peninggalan sejarah yang berada di wilayah Bondowoso menurut informasi dinas terkait. Nama Batu So'on sendiri diambil dari penyebutan warga sekitar karena bebatuan yang soson (bersusun) lalu kemudian dipopulerkan masarakat Bondowoso menjadi Batu Solor atau Stonehangenya Bondowoso.Kemudian diresmikan menjadi Stonhange Of Java oleh dinas Pariwisata. Sebelum populer seperti saat ini biasanya disekitaran Batu So'on dipergunakan untuk tempat berteduh warga yang bekerja di ladang.

Bagi warga Bondowoso dan wisatawan domestik masih sedikit yang mengetahui objek wisata alam Batu So'on Solor. Keunikan Batu So'on dan popularitas Stonehange Inggris menjadi  daya tarik tersendiri  untuk berwisata yang wajib  di kunjungi di akhir pekan. Bagaimana tidak? Panorama alamnya, deretan tebing, bukit menghijau, lembah sepanjang sisi kanan jalan dan vegetasi khas yang nampak segar menjadi pemandangan yang cukup menyejukkan. Tidak hanya itu di wilayah solor juga terdapat potensi wisata Air Terjun Solor dan juga beberapa situs peninggalan lainnya seperti mehnir, batu jabrik, batu lesung dll. Batu So'on menarik bukan ?
Air Terjun Solor
Foto Instagram @jjenjr
Batu Jabrik
Foto Instagram @mampirbondowoso_
Wisata Batu So'on Solor saat ini sangat berbeda dengan beberapa tahun lalu ketika rekan RMB beberapa kali mengexplorenya . Dan sa'at ini di Tahun 2017 wajah baru  wisata Batu So'on Solor telah difasilitasi area photoshoot bagi para pengunjung yang punya hobi selfie, Toilet, Pedagang dan di sekitar area wisata oleh pengelolah disediakan  sebuah menara pantau di pohon untuk melihat Stonhange Bondowoso dari ketinggian. di bagian sisi utara juga tersedia  panggung yang bisa digunakan selfie, atau jika anda ingin lebih dekat dengan Batu So'on anda bisa berjalan  melalui jalur  yang sudah disediakan oleh pengelolah. Jika anda merasa kelelahandan panas? tenang saja!!, di area wisata ini juga terdapat gazebo-gazebo dan tempat duduk santai untuk para pengunjung beristirahat sambil menikmati panorama Batu So'on.

Spot Selfie di area Batu So'on Solor
Foto Instagram @seputarbondowoso
Spot Selfie
Foto Instagram @adisusanto10


Nah ! untuk berkunjung ke  tempat ini dari Kota Bondowoso anda memerlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan kendaraan anda, dengan rute perjalanan yang akan dilalui dengan medan jalan aspal baru lo..gak kayak dulu makadamia hehe. Hal ini merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian Pemerintah Daerah terhadap sejarah dan wisata Bondowoso. Pada October 2017 pemerintah sudah menyelesaikan pembangunan jalan yang nyaman buat pengunjung serta memberikan fasilitas yang memadai di sekitar wilayah batu So'on. Kabar terkini yang beredar dimasarakat  bahwa jalur Wisata Solor  akan segera ditembuskan menuju puncak Megasari Kecamatan Ijen hingga sampai ke kawasan Kawah Ijen, yang merupakan Objek Wisata unggulan Bondowoso. Waw.. anda bisa saja berwisata kesolor kemudian ke daerah Kec. Ijen.
Jalan Menuju Batu So'on Solor
Foto By Instagram @rickmn27
Perjalanan menuju Batu Solor
Foto Instagram @fitaoktafian

Relawan Muda Bondowoso untuk pertama kali melakukan Explore Batu So'on Solor pada bulan Mei 2014. Pada masa itu Stonehange Batu So'on tak sepopuler saat ini, bahkan sangat sederhana dengan pesona  rerumputan dan pohon yang masi sedikit menghalangi Batu So'on. Kala waktu itu kami Relawan Muda Bondowoso mendapat informasi dari  salah satu  anggota RMB yang menyarankan untuk  explore potensi wisata Batu So'on, yang menurut beliau sangat unik bernilai seni sejarah dan sepintas menyerupai Stonehane di Inggris. Akhirnya seminggu kemudian kamipun mengexplore Batu So'on dan Batu Jabrik. Rute perjalanan kala itu sunguh membuat kami terpontang panting dengan medan makadam dan bebatuan tajam bahkan  beberapa dari kami terjatuh karena sulitnya mengatur keseimbangan kendaraan. Blusukan potensi wisata yang merupakan bagian dari kegiatan kami untuk menggali potensi tsb menjadi sesuatu yang bermanfaat kepada masyarakat sekitar.
Relawan Muda Bondowoso  sangat bersyukur hadirnya wisata ini, pasalnya di tahun 2017 ini Batu So'on Solor menjadi Objek Wisata Bondowoso yang sangat rekomended mengisi akhir pekan bagi penikmat keindahan alam dan sejarah serta memberi banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. Kamipun berharap bagi para pengunjung untuk trus sedekah dengan menjaga kebersihan untuk membuang sampah yang sudah disediakan untuk terus menjaga keasrian wisata maupun sejarah batu So'on.

Dan bagi anda yang merasa kesulitan untuk menuju ke wisata Solor jangan kawatir.. !!!. Kami Relawan Muda Bondowoso telah menyediakan Jasa Ojek wisata yaitu R-Jek untuk memudahkan perjalanan wisata anda di seluruh destinasi Bondowoso dengan paket wisata yang terjangkau tentunya. Anda pun tidak hanya berwisata di Bondowoso, dengan memakai jasa R-JEK, sebagian dari upah jasa R-Jek kita alokasikan di kegiatan sosial, tentunya untuk kegiatan sosial di pelosok - pelosok Bondowoso membantu sesama.
Anda cukup kontak Page FB dan IG kami yang telah tersedia dibawah.

Kami juga mengajak pemuda-pemudi Bondowoso untuk bergabung  bersama kami Relawan Muda Bondowoso untuk bergandengan tangan menjadi Bondowoso yang lebih baik.

nah sekian dulu penjelasan tentang wisata Batu So'on Solor. Asalmualaikum wr.wb
RMB we Can !!

Instagram RMB

Video Stonhange of jawa musim kemarau (berwisata dengan hobi mu)