SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

Air Terjun Solor Stonhange of Java

Minggu 22 October 2017 team Explore Relawan Muda Bondowoso kembali mengexplore potensi wisata Bondowoso  bagian timur yaitu sebuah Air Terjun. Berbekal info dari warga dan Google map kami  berangkat menjelajahi wilayah tersebut. Sebenarnya Divisi Pariwisata RMB ingin sekali mengajak seluruh anggota RMB, karena berhubung team RMB Mengajar kali pertama mengajar di dusun binaan RMB di dusun Tol-Tol Timur yang bertajub SOKOH RAUNG, maka Team Explore RMB  kak ocit kak zen dan kak nanda yang hanya bisa explore Air Terjun.


Air Terjun yang kami kunjungi berada di dusun Korandu RT 7, Desa Solor , Kec. Cermee, Kab. Bondowoso. Warga Dusun Korandu menyebutnya Air Terjun Solor, Air Terjun yang berada di  lereng area perkebunan pisang milik warga mengalir aliran sungai dari kawasan pegunungan Ijen yang menjadikan Air Terjun Solor begitu deras dan tinggi. Mengunjunginya tidak semudah yang dibayangkan, dari parkir kendaraan harus berjalan kaki melalui medan terjal dan berpasir, menuruni menaiki tebing, terlebih  lagi terik panas di tanah gersang yang jarang pohon rindang untuk berteduh, mengingat dari wilayah ini merupakan wilayah tandus dan kekurangan air. Akan tetapi dari semua rintangan itu terbayarkan ketika mata terseduh di sudut lembah penorama tinggi hempasan air bak rambut wanita yang terurai..hoho. Air Terjun ini memiliki tinggi kira-kira hampir 30 meter lebih, dengan corak bertebing memadukan sisi tebing kiri dan kanan. Dibagian tebingnya terhampar tumbuhan dan pohon, di bagian kolam air terjun sangan luas dan bebas melakukan kegiatan fotoshoot bagi pengunjung yang hobi selfie.

Jika anda ingin berkunjung kesini dilarang keras untuk mandi di kolam air terjun, karena info yang kami dapat di Tahun 2015 terjadi peristiwa duka menimpa warga Bondowoso yang mandi di kolam Air terjun ini.  Dari penjelasan warga setempat bahwa kedaman air Terjun ini dari permukaan air sedalam 8 meter lebih, tidak heran ketika kami lihat di kolam  air terjun tidak terlalu terparcur hempasan air yang jatuh, berbeda seperti air tejun lainnya yang kami kunjungi.  Selain anda bisa menikmati pesona Air terjun, anda juga akan di seduhkan panorama bebatuan layaknya batu canyoon di sepanjang perjalanan. Terlebih lagi jika anda berminat untuk oleh-oleh perjalanan, anda bisa membeli  buah pisang di kebun warga yang berada d lereng Bukit menuju Air Terjun.



Lokasi : 
Dusun Korandu RT13 Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso. berada di celah apitan 2 lereng bukit sisi barat  dan sisi timur.

Tiket :
Untuk Tiket masuk ke Air Terjun Solor cukup murah dengan  5.000 saja termasuk parkir sepeda motor anda bisa menjelajah Air Terjun Solor. Selain itu di jalur utama menuju Air Terjun anda pasti melewati Batu So'on jadi anda akan dikenakan tarif masuk di Batu So'on Solor sebesar 5.000. SO  anda berkunjung ke air Terjun ini anda  bisa menikamti 2 Lokasi Objek wisata, Batu So'on dan Air Terjun SolorS  hanya 10.000.

Rute
Dari Bondowoso kota arahkan tujuan ke Kec. Cermee sekitar jarak tempuh 1 jam perjalanan, dari wilayah cermee  pasar anda cukup mengikuti papan petunjuk yang sudah tersedia disetiap persimpangan, kemudian dari Cerme ambil jalur menuju Desa Solor atau langsung saja menuju Batu So'on Solor  yang membutuhkan waktu 45 menit.  Untuk akses jalan menuju lokasi beraspal mulus sampai ke Batu Soon, sayang di kawasan Cermee awal sepanjang 1 KM  jalur belum berasapal so hati-hatih. Sesampai di Batu So'on ambil arah ke Dusun Korandu, ataualurusamelewati wisata batu So'on. dari Batu So'on akses jalan tidak lagi senyaman dari cermee, anda akan memalui jalan berbatu dan makadam sampai ke dusun Korandu hinggahmenemukan papan petuntuk menuju parkir kendaraan Air Terjun Solor, perjakanan sekitar waktu 30 menit dari batu So'on. Setelah anda memarkirkan kendaraan, anda akan berjalan kaki menuruni lereng bukit sampai ke aliran sungai, dan menaiki lereng bukit sebelah barat lalu menuruninya kembali  hingga sampai ke air terjun, membutuhkan waktu 30 menit dengan medan extrimee.



Fasilitas :
Fasilitas Objek Wisata Air Terjun Solor masih sangat minim, karena wisata ini masih terbilang baru ngehits. Dari akses jalan pun masi sangat sederhana, namun kabrnya pemerintah akan melanjutkan akases jalan menuju puncak Megasari Kec. Sempol



NOTE :
1. Bawalah bekal dan air minum secukupnya, karena wilayah ini merupakan wilayah tandus jika musim kemarau, dan sangat licin jika musim hujan.
2. Usahakan untuk  berkendara tidak menggunakan motor metic.
3. Gunakan perlengkapan Safety mengingat jalan setapak yg terjal curam dan berpasir
4. Dilarang mandi di kolam Air Terjun
5. Jagalah kebersihan jangan buang sampah sembarangan.
6. Pertimbangkan fisik anda untuk jalur traking menuruni menaiki lembah.
7. Tetap santun dan berakhlak mulia di manapun dan kapanpun anda berwisata, hormati alamnya hormati budayanya hormati masarakatnya.


R-Jek ojek wisata Bondowoso siap mengantar anda di sudut2 indah wisata Bondowoso. Gunakan jasa R-Jek untuk kegiatan Sosial Relawan Muda Bondowoso.


Nah bagi rekan pembaca jika ingin bergabung di kegiatan Relawan Muda Bondowoso baik di sosial dan Traveling silahkan kunjungi dan  kontak kami di Instrgram dan Page Facebook.

RMB we Can....!!