SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

Air Terjun Lidah - Air Terjun Musiman di Bondowoso





Air Terjun Lidah merupakan air terjun yang terletak di perbatasan Kab. Bondowoso dan Kab. Situbondo, dan berada di lereng bukit pemandangan arak2 Bondowoso. Air Terjun Lidah merupakan air terjun semi musiman. Berdasarakan informasi warga Wringin, aliran sungai ini berasal dari dataran tinggi Desa Sumbercanting Kec Wiringin yang pada setiap musin kemarau menunjukan penurunan debit air, Artinya air terjun ini hanya memiliki debit air besar disaat musim penghujan, jadi jika datang di saat musim kemarau maka debit air yang mengalir sedikit atau bahkan kering jika terjadi kemarau panjang.  Ada baiknya jika anda ingin berkunjung ke Air Terjun Lidah pada saat peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau agar anda bisa menikmati keindahan Air Terjun Lidah dengan Debit Air besar tanpa kehujanan.
Air Terjun Lidah
Air terjun yang menyerupai lidah ini terinspirasi dari ucapan salah satu rekan Explore RMB kang ocit dan kang Zen pada waktu mengExplore, memang sepertinya seperti lidah yang menjulur jika dilihat dari sudut yang tepat. Dengan ketinggian belasan meter dan lebar hempasan air yang jatuh menjadikan air terjun ini sangat istimewa terlebih lagi bisa digunakan mandi ataupun bermain pelampung dengan kondisi kolam cukup lebar dan dalam. Sangat disayangkan belum ada pihak dari desa ataupun pemerintah untuk mengelolah air terjun ini, padahal potensi wisata Air Terjun Lidah memeiliki daya tarik para explore Air Terjun juga nantinya sangat membantu swadaya masyarakat dan alam sekitar Air Terjun Lidah.
Pertama kali Explore RMB
Awalnya team Explore RMB blusukan untuk sampai Air Terjun ini pada akhir Tahun 2016, perjalanan dari pemandangan Arak-arak menuruni tebing yang menuju Goa Arak-arak, extrime lah namanya aja blusukan alias gak tau jalan. Heheh.. dari lereng tersebut kemudian menyusuri sungai ke arah timur sekitar 20 menit, barulah sampai di Air Terjun Lidah. Pulangnya team Explore RMB mencoba mencari jalur akses alternatif dengan menyisiri sisi barat arak2 untuk mempermudah akses jalan bagi yang berkeinginan berkunjung ke Air terjun Lidah, dari penelusuran jalan setapak yang dilewati rekan2 RMB ini merupakan akses yang cukup rekomended menuju  Air Terjun Lidah. Sepeda Motor pun bisa melaluinya dengan lebar jalan 0.5 meter ,bisa di titipkan di area  kandang kambing  milih warga yang berada di lereng Arak-Arak, tapi tidak merekomendasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan karena kandang tersebut tidak ada penghuninya. Baiknya anda harus benar-benar memikirkan keselamatan kendaraan anda dengan menitipkan ke warga dengan resiko anda harus berjalan cukup jauh untuk ke akses jalan di tengah arak-arak.
Hamock sambil menikmati Air Terjun Lidah

Selain anda berkunjung ke destinasi Air Terjun Lidah, anda juga bisa berkunjung ke Goa Arak-arak dan Pemandangan Arak-Arak Bondowoso, bahkan anda juga bisa membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah dari membeli produk masyarakat wilayah Wringin berupa Tape Manis atau jika anda beruntung anda bisa menemukan buah durian di sepanjang menuju arah arak-arak.



Air Terjun Lidah
Mandi di Air Terjun Lidah
Untuk rute menuju air terjun ini dari Kota Bondowoso ke Arah Arak-Arak Bondowoso 30 menit, kemudian di pertengahan arak2 ada jalan setapak, anda bisa melewatinya dengan motor 10 menit, lalu kemudian menyusuri sungai 25 menit. Satu lagi yang perlu di ketahui bagi yang ingin ke tempat ini, perlunya perlengkapan Safety mengingat medan menyusuri sungai sangat licin  dan cukup curam. Kami petakan di Google Map klik Air Terjun Lidah. Kami juga bisa mengantar anda ke destinasi si sekitar Wringin dengan R-Jek.

Buat rekan pembaca sekalian, ada banyak sekali potensi potensi di masing-masing wilayah Bondowoso, baik itu alamnya budayanya juga orangnnya. baiknya kita sebagai warga Bondowso berupaya untuk memperkenalkan potensi-potensi tersebut untuk kita lestarikan tentunya untuk anak cucu kita kelak. Kami juga mengajak seluruh pemuda pemuda Bondowoso untuk bersinergi dengan kami berupaya untuk Bondowoso Lebih baik. RMB we Can !!!!


Page FB : @RMB.WE.CAN
IG : @rmb_bondowoso