SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

Flasback- Aksi Penanaman Pohon di Desa Ta'al



Jika mengingat masa perjuangan ketika awal berdirinya Komunitas Relawan Muda Bondowoso yang moto kegiatannya  sosial ataupun traveling serasa membangunkan sang hati gunda merindu, berkelompok dari berbagai daerah dan berbagai macam karakter serta perbedaan tak menjadi penghalang untuk bersama-sama bergandengan tangan untuk sebuah bukti keseriusan dan kecintaan kepada tanah air ini kususnya Bondowoso. Kegiatan-kegitan yang dilakukan oleh pemuda-pemuda tersebut bukanlah untuk sebuah  harapan pujian melainkan  murni semata-mata untuk menjadi inspirasi bagi pemuda-pemuda lainnya di indonesia untuk turut serta membangun Indonesia lebih baik.


Jika di Flasback kebelakang  adapun kegiatan sosial yang pernah dilakukan Relawan Muda Bondowoso pada awal Kepengurusan Organisasi yakni kegiatan Reboisasi di Desa Ta'al Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun 2014.


Awalnya dari rapat pemilu Ketua umum, salah satu dari anggota mengusulkan dan menginfokan bahwa beliau meiliki bibit pohon,"dari pada di nganggur tidak terawat" maksud beliau mensedekahkan pohon untuk kegiatan positif  RMB untuk masarakat yang membutuhkan. Dengan kepemimpinan Taufik sebgai ketua umum kegiatan reboisisi disetujui bersama dan terbentuklah panitia kegiatan Reboisasi. Desa yang dipilih yaitu desa Ta'al Kec. TApen Bondowoso yang merupakan desa di tengah kecamatan Tapen. Dengan limitnya waktu 1 minggu persiapan dari ijin  survey dll sangatlah sederhana.


Dari survey dipilihlah lereng bukit di aliran sungai yang masih memiliki potensi untuk lahan pertanian, namun lereng tersebut masih proses pembabatan untuk pertanian jadi sangat tidak baik untuk lingkungan jika tidak di imbangi dengan tanaman penahan gerakan tanah, hal ini menjadi acuan memilih lokasi reboisasi.

Pada hari jumat setelah melaksanakan ibadah sholat jumat, para relawan bermodal pickup pinjaman segera mendristribusikan bibit pohon  ke desa taal untuk mempercepat persipan di ahri minggu . alhamdulilah disambut warga dengan baik serta di bantu oleh warga.

 Hari minggu  para relawan yang tersiri dari 25 anggota berangkat dari rumah masing2 menuju desa TAal  dan langsung melaksankan penananman pohon di daerah selatan dusun ta'al ,  bersama aparat keamanan dan pemerintah desa setempat serta di bantu masarakat desa.

Gotong royong warga serta aparat keamanan dan para relawan  bahu-membahu melaksanakan penanaman yang jarak tempuh sekitar 1 Km dari desa dengan jalan kaki , membuat para Relawan sangat terbantu, kerjasama yang luar biasa hingga siangpun seluruh pohon tertanam semua di titik rawan.

Usai penanaman dengan sisa semangat 45 , kemudian para peserta di ajak oleh panitia  untuk explore Air Terjun yang tak jauh dari lokasi penanaman, tutur ketua pelaksana  Tuufik "sembari berwisata sebagai obat lelah". Air Terjun Derbusen kata warga, keasrian alam dengan tekstur bebatuan unik yang menyerupai goa di sisi tebingnya. keseruan bersama menikmati keindahna alam Air terjun, mandi bersama di kolam air terjun, hingga tak teras 2 jam telah berlalu. Akhirnya Sore pukul 14.00 kami semua peserta satu demi satu  kembali pulang ke rumah masing2.

 Alhamdulilah kegiatan Reboisasi pertama RMB berjalan lancar walaupun sangat sederhana pada awal2 pengurusan RMB kala itu. kegiatan ini menjadi bukti keseriusan terbentuknya Organisasi Relawan Muda Bondowoso kepada pemuda dan masarakat, dan mudah-mudahan kedepannya akan lebih produktif dan kreatif membantu masarakat pelosok baik dengan cara sederhana pun Tutur Taufik Ketua RMB periode awal.


Mudah-mudahan di tahun 2018 2019 ini kami diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan reboisasi mengingat di tahun 2017 terjadi banyak longsor di daerah  terpencil, misalnya saja kabar terahir  longsor dan banjir bandang terjadi di daerah sempol ijen. Terlebih kota Bondowoso merupakan kota yang diapit gunung-gunung sebagai tapal kuda, jadi sangat memungkinkan terjadinya bencana longsor ,banjir bandang.  jika tidak di imbangi  pemahaman dan kesadarasn akan penghijauan di daerah-daerah kritis. Semoga Alam tidak marah untuk Bondowoso.   Salam Relawan Muda Bondowoso RMB we Can