SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

Opentrip Relawan Muda Bondowoso ke Air Terjun Lidah Arak-Arak

Minggu pagi 11 Februari 2018

Kali ini Relawan Muda Bondowoso kembali explore potensi wisata Air Terjun Lidah Arak-Arak ke 2 kalinya, yang letaknya berada di daerah Kecamatan Wringin tepatnya di Desa Sumber Canting atau secara geografisnya berada di lembah sisi utara Pemandangan Arak-Arak. Opentrip kali ini merupakan inisiatif teman-teman RMB untuk sejenak refresing  menyambut asgenda Happy Camp Kacong Cebbing 2018 yang akan dilaksanakan pada  Kamis dan Jumat minggu depannya. Dihadiri 9 anggota yang sebagian besar panitia Happy Camp, harapannya  semua anggota RMB refresing bareng, namun banyak dari anggota terkendala kesibukan di hari minggu.

MInggu pagi meetpoit sengaja dilokasikan di pemandangan Arak-Arak sembari menunggu anggota datang sambil lalu berkunjung dan menikmati pesona wisata Pemandangan Arak-Arak. Tepat pukul 09.00 pagi peserta opentrip sudah berkumpul, dan melanjutkan ke lokasi penitipan sepeda motor di rumah warga yang terdekat dengan jalur menuju Air Terjun Lidah Arak-Arak.

Rute yang kita gunakan menuju Air Terjun ini memang cukup menantang dengan maksud mengurangi durasi yaitu dengan menuruni tebing terjal mengarah ke ladang warga di lereng Tebing Pemandangan Arak-Arak. Sulitnya medan tanah baasah, bebatuan lereng yang licin perlunya saling bahu membahu untuk menuruni tebing ini, kurang lebih 45 menit menuruni tebing hingga akhirnya kita menemukan aliran sungai yang mengarah ke Air Terjun Lidah. Menyebaerangi sungai dan menyisiri sampedan sungai hingga pematang sawah wargapun juga sedikit kesulitan, dan itulah keasikan explore bersama menghadapi kesulitan bersama.

Berkunjung ke Air Terjun ini pada musim penghujan menjadi prioritas explor karena tujuan kami menikamti Air Terjun dengan debit aliran sungai besar, terlebih lagi Air terjun yang bersebelahan dengan Air Terjun lidah  tak kelah derasnya.

 Mengupas sedikit Air Terjun Semusim yang berada sebelum Air Terjun Lidah Arak-Arak, Air Terjun ini kita namai Air Terjun Semusim karena aliran ini bukan satu sungai dengan Air Terjun Lidah, ketika kemarau hampir tidak ada aliran air, akan tetapi  keindaha dengan derasnya pada waktu musim penghujan Air Terjun ini sangat menawan berudak2.oia  pada saat itu ada salah satu dari kita sedang menyanyikan lagu yang judulnya semusim hehe...Terinspirasilah dari sana maka kami sepakat menamai Air Terjun Semusim gitu deh ceritanya. Air Terjun ini dari struktur dindingnya sangat unik karena berundak2 bahkan dibagian hilirnya bisa digunakan untuk plosotan dan tercebur  di kolam yang dalam. namun sayangnya untuk menuju  titik Air Terjun paling atas  sangat licin sampai2 rekan2 jatuh.

Next, Setelah Menikmati Air Terjun Semusin cukup lama dengan keseruan plosotan, kemudian kami melanjutkan menuju ke Air Terjun Lidah Arak-Arak yang letaknya 20 meter dari Air Terjun Semusim. Air Terjun Lidah Arak-Arak debit aliran sungainya sangat super deras dengan hamparan Air terjun yang sangat lebar. Menikmati keindahannya serasa berada di Nigara di Amerika. Kolam air terjunpun bisa kedalaman 3 meter. untuk menjaga keselamatan kami tidakmemberanikan diri mandi ke tengah. keindahan Alam Air Terjun membawa kami melewati waktu hingga siang hari. keseruan bisa di cek di video berikut ya ....

Bondowoso itu kaya akan potensi wisata,  jika potensi ini diupayakan dan dimaksimalkan oleh masyarakat , pemuda, dan  pemerintah desa tentunya akan menjadi daya tarik wisatawan.