Sa'atnya yang muda berkreasi !!!

Sa'atnya yang muda berkreasi !!!

Explore Air Terjun Ke 4 Aliran Kali Pait, Air Terjun Plalangan


Halo sahabat explore.. apa kabar? semoga baik baik saja. pernah tau kali pait gak?
Kali pait merupakan salah satu aliran sungai yang terletak di kawasan Kec Ijen, berbeda dengan sungai2 pada umumnya, pasalnya kali pait sendiri  memiliki aliran air belerang yang merupakan rembesan kawah ijen. Hal inilah kali pait menjadikan sungai sangat istimewa, terlebih dengan keindahan menguning di bebatuannya pada musim kemarau. tidak hanya itu banyak orang memanfaatkan air belerang kali pait untuk kebutuhan seperti pengobatan kulit, infeksi, dll

Tidak berhenti disana, karena kondisi kali pait berada di dataan tinggi tidak menutup kemungkinan memliki potensi wisata tentunya, seperti Air Terjun Kali Pait, Air Terjun Busa, Air Terjun Gentongan yang telah menjadi opsi pilihan wisataan ke wilayah kec Ijen dan sebagian besar berlokasi di hulu yaitu wilayah kampung marga hayu, dan watu capil. Data tersebut menunjukan belum ada kegiatan explore bagian hilir kali pait, sehingga para Explore RMB melakukan explore via GoogleMap menelusuri tanda2 keberadaan Air Terjun baru di Aliran  kali pait. Alhasil  hilir aliran sungai kali pait menunjukan celah  berwarna putih berada di cekungan menyerupai Cuban Sewu, hal ini memungkinkan adanya air terjun. Tidak berhenti disana para Explore langsung menggali informasi lokasi tersebu dengan menanyakan keberadaan da kondisi rute Air terjun di wilayah itu pada warga Plalngan. Akhirnya dari informasi2 dan analisa membenarkan adanya Air Terjun ke 4 tersebut.

25 Desember 2018 para Explore RMB yang dipimpin oleh Pakabon melakukan kegiatan explore bersama 2 rekannya Nanda dan Tegar menelusuri keberadan Air Terjun ke 4 kali Pait. Untuk menuju air terjun ini boleh dibilang sangat Extrim pasalnya dari perkebunan warga harus menuruni tebing puluhan meter dan hampir tidak ditemukan jalan ke aliran sungai, beruntunglah ada warga petani kopi memberikan petunjuk adanya jalur warga menuju perkebunan sisi sebelarang sungai, akan tetapi sedikit menjauh dari lokasi terdekat dengan Air Tejun ini. Dengan begitu harus menambha waktu dengan panjangnya perjalanan. Sesampainya di Sampedan Sungai tidak ditemukan jalur warga lagi, akhirnya kami mengharuskan menyisiri sampedan sungai untuk sampai ke Air Terjun. Selama menyisiri aliran sungai ditemukan anak2 sungai yang memliki variasi rasa, ada yang air belerang, air tawar, pun ada yang sedikit mengandung belerang, dan kamipun menemukan saluran  sanitasi air bersih warga disekitar sungai Kali Pait. Menelusuri selama 1 jam adengan berbagai ritangan naik turun sampedan sungai akhirnya kamipun sampai di Air Terjun ke 4 ini. Lokasinya memang berada di sela celah bebatuan dinding puluhan meter dengan aliran cukup deras daripada 3 air tejun di hulu kali pait. Kondisi disekitar air terjun sangalah asri hampir tidak ditemukan jejak kaki ataupun sampah, tumbuhan tumbuh subur, bebatuan yang kas, serta Tinggi Air Terjun kemungkinan +/-30 M. memanjakan sekali menikmati air Terjun ini baik dari dekat ataupun dari kejauhan. Karena lokasinya berada di kampung Plalangan kamipun menyebutnya Air Terjun Plalangan, Air terjun ke 4 sebagai tambahan opsi air terjun di aliran ali pait. Selang 1.5 jam berlama lama di sekitar air terjun kamipun bergegas kembali karena kondisi cuaca yang mulai gerimis dengan mempertimbangkan peringatan warga di ladang untuk segera kembali jika terjadi hujan "mon ojen dulih naek cong mek benjir e yetas" kata warga. Akhirnya kamipun kembali ke parkir motor di perkebuna warga menjauhi aliran sungai.

 13.30 kamipun melanjutkan menuju kawasan perkampungan Belawan dan Pemandian Air Panas, sembari menghilangkan rasa lelah dengan air belerang yang panas. Sungguh istimewa sekali explore kali ini, dan kamipun sangat bersyukur sekali karena Allah memberikan sekai lagi kepada kami keindahan Alam Bondowoso, dan kami sangat berharap besar kepada pemerintah desa, kecamatan, dan dinas terkait untuk mengupayakan wisata yang bebas dari sampah, berakhlak pekerti kepada alam dan manusianya, sehingga timbal balik tersebut Bondowoso menjadi kota wisata yang aman damai dan tentunya The Higtland Paradise. Salam Lestari Nergeriku,,, salam pemuda RMB we Can...!!







Note: jika anda ingin berkunjung ke Air Terjun Plalangan disarankan untuk bertanya kepada Warga Plalangan, karena kami sedikit sekali informasi mengenai keamanan baik itu mistis ataupun bahaya lainnya. Tetap yang diutamakan keselamat anda.




Video Air Terjun Plalangan