SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

Air Terjun Gentongan dan Air Terjun Busa keindahan Air Terjun Belerang



Berwisata ke kota Bondowoso?? memang opsi yang tepat untuk menikamti dan mengisi liburan akhir pekan. Bagaimana tidak ? hamparan bebukitan ilalang di kawah wurung, Air Terjun, Seni alam bebatuan Stonhange of java, kuliner dan budaya, sejarah, serta Kawah Ijen menjadikan Bondowoso semakin  dikenal dengan tagline The Hightland Paradisenya.

Berbicara Air Terjun  ternyata Air Terjun di Bondowoso memiliki daya tarik yang sangat siknifikan bagi para kalangan pengexplore lokal atau mancanegara. Baik yang masi baru di explore ataupun yang telah dikelolah oleh pihak setempat, misalnya saja air terjun tancak  kembar, kabut pelangi, dll.

Berwisata ke air terjun memang sangat mengasikkan terlebih saat musim kemarau. Ngadem bersama keluarga sahabat ataupun pasangan menikmati panorama alam dan air deras terjatuh dari ketinggian. Air Tejun yang berada di Bondowoso misalkan saja  Tancak kembar Kabut pelangi Puloagung Suco dll sudah sering tersengar ditelinga masarakat Bondowoso khusunya. Sebetulnya tidak hanya itu dari data yang pernah kami Explore terdapat puluhan Air Terjun yang terhampar di wilayah ketinggian wilayah Bondowoso misalnya saja wilayah yang dominan terdapat Air Terjun, di area Barat Pegunungan Hyank dan Pegunungan Raung dan Ijen. Jadi Jika anda hobi explore atau berwisata Air Terjun, maka anda tidak perlu kawatir kehabisan stok air terjun untuk mengisi liburan anda. Beragam karakter dari yang deras, extrime, tinggi, unik ada di Bondowoso.

Salah satu Air Terjun yang unik di Bondowoso dan sekaligus tempat  faforit para trafeler lokal yaitu Air Terjun Gentongan dan Air Terjun Busa. 2 Air Terjun ini sangat berbeda dengan Air Terjun biasanya, pasalnya bukan karena tinggi atau derasnya aliran melainkan air terjun yang berada di aliran kali pait dengan air berwarna biru kehijauan yang berasal dari  rembesan Kawah Ijen. Sangat rekomended sekali untuk tambahan kunjungan wisata anda jika berkunjung ke Kawah Ijen atau kawah wurung. Tidak hanya itu opsi yang lain anda bisa berkunjung ke Niagara mini dan Air Terjun Blawan yang berada di kampung Belawan.


AIR TERJUN BUSA


-Lokasi : Afdeling Margahayu, Kec. Ijen, Kab. Bondowoso.
-Rute dan kondisi : Dari Kota Bondowoso arahkan kendaraan anda menuju kec. Ijen, yang merupakan sejalur menuju wisata kawah ijen dari kota bondowoso. Estimasi waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan sepeda motor. Dari Kontor Kec Ijen anda hanya perlu 20 menit menuju kampung Margahayu dengan melewati 2 perkampungan yakni Plampang dan  Watu Capil. Parkir kendaraan masih memanfaatkan halaman rumah warga untuk keamanan kendaraan anda. Setelah memakirkan kendaraan, anda harus berjalan kaki melawati jalan setapak menuruni lereng sisi timur perkampungan warga. Estimasi hanya perlu 15 menit saja melewati perkebuna kopi anda sudah dapat menikmati panorama dan pesona Air Terjun Busa. Kondisi terjalnya lereng untuk menuju air terjun perlu diperhatikan terlebih saat musim hujan jalanan menjadi sangat  licin.

-Fasilitas : Parkir dan tiket masuk hanya 5000 rupiah saja, cukup murahkan? selain itu masjid  margahayu bisa digunakan untuk tempat beribadah. Titik tersulit menuruni tebing sekitar Air Terjun  telah di fasilitasi tangga kayu untuk mempermudah menuruni tebing air terjun, ini adalah bentuk swadaya  masarakat margahayu kepada pengunjung.

-Note : Jangan terlalu dekat dengan air terjun karena hempasan embun air terjun ketika terkena mata akan terasa perih, dan jika anda tidak kuat menahan  bau belerang diupayakan menutup dengan masker atau kain basah. Dilarang merusak mengotori dan fandalisme. Agar menjaga keselamatan anda upayakan menggunakan guid dan perlengkapan yang safety.

AIR TERJUN GENTONGAN

-Lokasi : Afdeling Watu Capil Kec. Ijen Bondowoso
-Rute dan kondisi : Karena lokasi tidak jauh dari air tejun busa, anda bisa berkunjung ke Air Terjun Gentongan sekaligus yang letaknya berada di hulu air terjun busa. Hanya perlu 5 menit  berkendara menuju perkampungan watu capil. Parkir atau titipkan kendaraan  anda di rumah warga. kembali sekali lagi anda harus menuruni tebing dengan jalan zikzat.Estimasi waktu kurang lebih 20 menit mengingat anda harus menelusuri sampedan sungai melewati semak liar.

-Note : Jangan terlalu dekat dengan air terjun karena hempasan embun air terjun ketika terkena mata akan terasa perih, dan jika anda tidak kuat menahan  bau belerang diupayakan menutup dengan masker atau kain basah. Dilarang merusak mengotori dan fandalisme. Agar menjaga keselamatan anda upayakan menggunakan guid dan perlengkapan yang safety.



Berikut Video Pesona Air Terjun Belerang aliran Kali Pahit.
JAangan lupa sedekah share, like, komentar, dan subscribe.
Salam lestari tanah Bondowoso, RMB we CAn...!!!