SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

Upacara Bendera 17 Agustus 2016 di Air Terjun Tancak Kembar

Flashback Agustus 2016






Salah satu kegiatan rutin komunitas Relawan Muda Bondowoso di hari kemerdekaan indonesia yaitu kegiatan pengibaran bendera sang merah putih.  Uniknya tidak  bertempat di lapangan bersih  ataupun keramian melainkan di tempat-tempat wisata atau daerah pelosok yang berada di pinggiran  Kota Bondowoso tercinta ini. Salah Satunya pada tahun 2016 beberapa tahun kemaren misalnya Komunitas Relawan Muda Bondowoso melaksanakan mengibarkan sang merah putih  pada 17 Agustus 2016 bertempat  di Air Terjun Tancak Kembar  tepatnya di Desa Andungsari Kec Pakem Bondowoso. Air Terjun yang fenomenal  memiliki ketinggian puluhan meter dan sangat poluler di kalangan masyarakat Bondowoso.



17 Agustus 2016 pukul 7.00 para anggota berangkat bersama menuju lokasi Air Terjun, sebanyak 14 belas anggota ikut  serta dalam prosesi pengibaran bendera di hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 75. Upacara yang dipimpin langsung oleh Mas Yudha selaku kordinator Sedekah Rombongan cabang Bondowoso - Jember.


Prosesi upacara pengibaran bendera dimulai tepat pukul 10.00 wib, yang mana pada waktu tersebut merupakan  waktu pembacaan teks Proklamasi oleh presiden pertama Indonesia Soekarno pada tahun 1945. Alhamdulilah, selama kurang lebih 1 jam step by step pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar, dengan tema Upacara 17 Agustus 2016  kali ini "semangat pemuda bondowoso untuk indonesia". Penjelasan tentang kepemudaan yang hanya segelintir  yang peduli pada negeri kecil ini,  dan mengajak bersama-sama kepada pemuda lainnya untuk menjadi pemuda yang berkualitas dengan pemberdayaan SDM dan SDA untuk masa depan Bondowoso.

Setelah acara upacara selesai para anggota upacara yang dari pagi belum sempat untuk mengisi perut karena di kejar waktu meet point, panitia upacara menyediakan hidangan sederhana ala nyantri  beralas daun dengan tumpukan nasi dan lauk sederhana. Para relawan menyantap tanpa rasa malu ataupun sungkan sembari menikamti keindahan Air Terjun Tancak Kembar semua menjadi sangat nikmat terlebih makan bersama.


Setelah sarapan selesai para anggota masih harus menyelesaikan 1 tugas lagi, yaitu bersih-bersih Wisata Air Terjun  Tancak Kembar. Kegiatan bersih bersih bukan menjadi hal yang sangat spesial  lagi bagi RMB, melainkan tanggung jawab masing-masing individu dan RMB untuk menjaga Wisata ini menjadi poluler dan  kebersihan.

Wisata Tancak Kembar memiliki pemandangan alam yang asri, sangat rekomendasi sebgai tempat untuk mengisi liburan akhir pekan bagi masarakat Bondowoso.sangat disayangkan jika keasrian tersebut masih banyak penampakan sampah . dari informasi yang kita dapat   skala pengunjung terbilang cukup ramai  setiap pekannya ada 20- 30 pengunjung yang datang. Hal ini tak luput dari namnya sampah..!! yaa sampah yang di buang sembarangan oleh pengunjung yang tidak bertanggung jawab.  datang dan nikmati keindahan alam dan jaga alam kita ini seperti menjaga si pujaan Hati, lebih baik isilah kantong pakaianmu atau tas yang di tengteng dengan sampah mu daripada membuang sampah pada Alam.  Kurang lebih 1 jam rekan-rekan mengais satu persatu  sampah-sampah yang berserakan di sekitar Air Tejun  dan woow 1 kantong plastik merah  terkumpul.

 Setelah acara bersih-bersih selesai  para peserta bergegas melanjutkan berwisata ke lokasi Dam Blimbing yang letaknya berada di  area sungai delubeng(kertas)  masi di daerah Kec Pakem.  Setelah cukup lamal kemudian setelahnya masing-masing menuju rumah masing-masing. Alhamdulilah seharian kegiatan memperingati hari Kemerdekaan Indonesia berjalan dengan sukses. Salam lestari RMB we Can...!!!