SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

Akhir Tahun 2017 Happy Camp Dan Bersih-Bersih Wisata Kawah Wurung Bondowoso





Halo warganet, apa kabarnya?

Kali ini Relawan Muda Bondowoso mengadakan kegiatan serupa pada tahun lalu,yaitu kegiatan bersih-bersih Wisata pada Minggu 23-24 Desember 2017 kemaren. Yag dihadiri 50 peserta baik dari RMB, DISPARPORA , Tamu AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia) Jember serta pengunjung.




Kegiatan ini merupakan giat inisiatif kepedulian Relawan Muda Bondowoso terhadap lingkungan di sekitar wisata yang ada di Bondowoso. Berbica massa tak luput dari yang namanya sampah, bukan menjadi hal baru lagi jika ada sampah berserakan di lokasi wisata. Kasarya semakin banyak orang berkunjung semakin banyak pula peluang sampah berserakan di wisata tersebut, tentunya ini menjadi PR bersama baik dari pengelolah ataupun masyarakat yang berkunjung berwisata.


Kegiatan ini tak lain  konsep mengajak para pengunjung agar sadar kebersihan wisata, dengan memberikan spontanitas sosialisai tentang menjaga kebersihan area wisata bebas sampah. Serta dengan kegiatan ini diharapakan pemuda pemudi Bondowoso untuk selalu menjaga kebersihan baik dimanapun dan kapanpun.



Bondowoso adalah Kota dengan destinasi Highland Paradise yang banyak menawarkan wisata untuk dikunjungi setiap pekannya, misalnya kawah wurung, air terjun tancak kembar, kawah ijen, Batu So'on Solor dan masi banyak lainnya.  Tahun 2017 saja wisata  bondowoso dari  data ststistik  pengunjung menunjukan angka peningkatan 170 % dari pada tahun 2016. Salah satunya yang paling pesat yaitu  kawah ijen, tidak hanya kawah ijen kawah wurung dan Batu So'on tak kalah pesat di ikuti dengan wisata lainnya.


Beragam pengunjung dengan berbagai karakter dari yang sadar kebersihan ataupun acuh tak acuh utuk berwisata , biasanya lokasi wisata yang ramai karena wisata itu selalu identik dengan kebersihan area wisata sehingga pengunjung akan segan berwisata. Kebersihan wisata  tak lain bukan menjadi tanggung jawab pengelolah saja melainkan seluruh lapisan  masyarakat yang berkunjung setidaknya sadar lingkungan akan sampah misalnya saja sampah makanan sendiri setidaknya di simpan terlebih dahulu di kantong atau tas barulah nanti di buang ke tempat sampah.


Relawan Muda Bondowoso mengemasnya dalam  kegiatan HAPPY CAMP di wana wisata Kawah Wurung. Camping bersama menikmati kebersamaan di alam bebas tentunya  sebagai bahan renungan bagi para peserta memberi pengalaman di alam bebas dan bagaiaman cara bersahabat dengan alam. Kegiatan ini terbuka untuk umum keterbukaan kami  dari aspek masarakat untuk belajar dan mengajarkan kebersihan.

HARI KE 1



Sabtu 23 Desember 2017 para peserta mulai berdatangan baik itu dari Panitia, anggota RMB,  Umum, team DISPARPORA dan tamu undangan yaitu AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia) Jember. Kegiatan pertama diawali dengan kegiatan Apel peserta. Setelahnya  pukul 14.00 dilaksanakan acara Sosialisai tentang jurnalistik  oleh AJI, sharing bersama pengenalan lebih luas tentang jurnalis dan fotografi. Pengetahuan yang sangat jarang bagi pesera  terutam Humas RMB dan sangat beguna untuk lebih mengenal fotografi dan jurnalistik.




Seiring berjalannya waktu  peserta berdatangan, memaklumi hari sabtu beberapa peserta masi aktif dalam aktifitas kerja. Suasana semakin larut menuju malam yang semakin dingin,  para peserta diarahkan menuju area camp guna acara selanjutnya. Pesertapun melingkari  Api unggun mini yang menyala di teras tenda, dihiasi manisnya rembulan dan bintang-bintang yang serta merta kawah wurung layaknya subuh yang damai. Diisanalah para motivator mengolah otak dan hati selama 2 jam untuk  perenungan tentang alam dan Bondowoso, tentang kegiatan RMB, dll. Hingga akhir ceria dengan beberapa game mini sebelum para peserta istirahat.




HARI KE 2
Udara  dingin khas pegunungan Ijen dan kumandang azan subuh mengajak  para peserta berrgegas menunaikan ibadah solat subuh. Cahaya surya ufuk diantara jejeran bebukitan kian menantang kami untuk bergegas untuk melanjutkan acara selanjutnya di hari ke 2 yaitu Outbond ala RMB. Bermain ceria bersama para peserta dengan game yang sudah disediakan oleh panitia dari game lempar granat pindah Bom dan lain-lain. Keseruan pagi hari sebelum acara bersih-bersih Kawah Wurung tidak disia-siakan begitu saja, bermain serta memaknai game tentnang kebersamaan silidaritas dan menyatukan pola pikir.



Setelah randon Outbond usai, tibalah saatnya acara bersih-bersih WIsata Kawah Wurung yang langsung dipimpin oleh Kepala DISPARPORA Bondowoso Bapk Harry Patriyono. beberapa tim yang terdiri dari 5 orang dengan 1 kantong trasbag di arahkan kesetiap titik yang terdapat sampah. selama kurang lebih 2 jam peserta berhasil mengumpulkan 6 kantong sampah organik dan non organik. jika dibandingkan dengan tahun kemaren indikasi semakin pesatnya pengunjung maka semakin banyak pula sampah yang berserakan. namun bukan hal itu inti pentingnya, setidaknya dengan acara Bersih-bersih Wisata menjadi contoh bagi seluruh pengunjung untuk menjaga kebersihan wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan. karena wisata yang bersih menjadi kenyamanan bagi pengunjung lainnya. tidak hanya itu saja hal ini juga menjadi PR dan kerja keras pengelolah menjadikan wisata  yang mencerminkan bondowoso dengan wisatanya bebas sampah.


Acara demi acara selama 2 hari berjalan dengan sukses, tidak lain kesuksesan itu merupakan pihak yang ikut berpartisipasi mendukung kegitan Happy Camp. Kami mengucapkan banyak Terimaksih  kepada Bapak Harry yang bersedia  hadir memeriahkan acara dan mensuport kegiatan RMB, serta jajaran DISPARPORA yang solid mendampingi. Terimaksih pula atas berbagi ilmu jurnalistik dari AJI Jember. Terimaksih pengelolah Wisata Kawah Wurung atas tempat dan pelayannya kepada seluruh peserta, dan selamat bagi panitia Happy Camp dengan solidnya acara menjad suskses buat Relawan Muda Bondowoso. Salam Lestari


Bagi kalian pemuda pemudi Bondowoso, ayok bersama kami menjadi pemuda yang menginspirasi untuk Bondowoso lebih baik kedepannya. Kami sangat terbuka dengan semngatmu generasi emas Bondowoso. RMB we Can ...!!


Ingin tau lebih dalam tentang kegiatan RMB yok Follow dan Share Page Facebook : Klik

Instragram : Klik