SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

EPN 8 MENGINSPIRASI GENERASI REPUBLIK KOPI

Republik Kopi tentunya gak lepas dari kota Bondowoso, salah satu kota di Provensi Jawa timur yang menghasilkan kopi berkwalias nomor wahid dan kelas expor,banyak negara negara lain yang sudah mencicipi kelezatan kopi Bondowoso. Kali ini Relawan Muda Bondowoso melakukan kegiatan rutin yang dilaksanakan 6 bulan sekali yaitu event akbar " Ekspedisi Plosok Negeri " saat ini sudah mencapai ke 8 kalinya Relawan Muda Bondowoso menginspirasi kota Bondowoso khususnya di pelosok kota Bondowoso.



EPN ( Ekspedisi Pelosok Negeri ) kali ini dilaksanakan di Dusun Tol tol Timur , Desa Rejoagung ,Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso. salah satu dusun yang terletak di tengah kebun kopi rakyat dan dibawah gunung suket salah satu gunung yang bersebelahan dengan gunung raung yang merupakan ikon adventure surga bagi para pendaki, banyak kegiatan yang dilaksanakan selama berada di dusun tol tol baik sosial, pendidikan, pengenalan wisata , dan pembangunan fasilitas semua terlaksana dengan baik dan lancar selama sekitar 30 orang relawan di dusun tol- tol, pengen tahu keseruannya.

TOL TOL DUSUN PENUH DENGAN KOPI


Sebelum kita menjelajahi lebih jauh tentang dusun yang satu ini, yuk  kita kenalan dengan dusun Tol tol. Seperti yang telah dijelaskan tadi dusun tol tol berada di kecamatan sumber wringin ada yang unik dengan dusun ini dusun tol tol berada di tengah kebun kopi disana banyak ditanam kopi dari jenis robusta sampai arabika selain itu yang paling special konon kebun penduduk tol tol sudah ada sejak zaman kolonial belanda.


Selain kebun kopi sepanjang jalan yang menuju ke dusun tol tol kamu akan disuguhi pemandangan alam berupa pohon pohon yang usianya lebih ratusan tahun. Tak hanya pohon pohon yang usianya sudah tua disana kamu juga bisa menikmati wild barry dan jika beruntung kamu akan berjumpa dengan lutung dan burung bekol yang mencari makan. Potensi wisata pun bisa di dapatkan di tol-tol timur dengan 2 air terjun dg ketinggian 20 meter.

Air Terjun Tot-tol

Air Terjun Tol-tol


AKSI RELAWAN MUDA BONDOWOSO




Di dusun Tol tol timur , Ekspedisi pelosok negeri dilaksanakan oleh Relawan Muda Bondowoso. Kegiatannya seputar motivasi anak anak SDN Rejoagung 5, dan bermain bersama anak anak di dusun, selain itu di bidang keagamaan RMB bersama warga mengadakan kegiatan Ruwetan Tanah Bondowoso dimana warga bersama RMB berdoa untuk kesejahtraan rakyat Bondowoso.





Kegiatan pembangunan infrastruktur juga dilaksanakan oleh Relawan Muda Bondowoso kegiatannya berupa pembangunan kamar mandi dan tempat wudhu bersama warga dan penanaman bunga dan taman serta pembuatan gapura pintu masuk dusun yang semua dilaksanakan oleh RMB bersama warga, selain itu pemeriksaan gratis serta pembagian sembako dan baju layak pakai juga dilaksanakan oleh beberapa team Relawan muda Bondowoso dan SR ( Sedekah Rombongan ) serta MA (Makelar Akhirat ).

MENGENALKAN WISATA BONDOWOSO DENGAN CARA UNIK



Mengenalkan wisata dan potensi alam Bondowoso memang sangat penting bagi generasi pemuda Bondowoso, paling tidak mereka tau akan potensi alam yang dimiliki oleh kota Tape. Kali ini Relawan muda Bondowoso memperkenalkan keindahan alam Bondowoso menggunakan  media boneka tangan R-Man yang sekaligus sebagai maskot RMB.




Bisa dibayangkan keceriaan anak anak dusun ketika lakon R-Man dimainkan. Selain pengenalan wisata ,anak anak  SDN Rejoagung 5 juga di ajarkan cara hidup sehat serta diajarkan untuk menanam dan merawat buah strowberi oleh Relawan Muda Bondowoso.

Kegiatan Relawan Muda Bondowoso didukung oleh  beberapa komunitas yang aktif mendukung kegiatan sosial RMB diantaranya Sedekah Rombongan (SR), Makelar Akhirat ( MA ), RIZKI dan para donatur. dengan kegiatan EPN besar harapan bagi kami agar menjadi motivasi bagi pemuda pemuda yang ada di seluruh Indonesia agar bergerak serentak membangun Indonesia jauh lebih baik.