SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

3 Air Terjun Baru di Aliran Tancak Kembar



Hai Hai Hai....
Apa Kabar kakak..
Jumpa lagi bareng kami para pemuda explore destinasi wisata Bondowoso.
Kali ini Divisi Pariwisata Relawan Muda Bondowoso mempersembahkan hasil petualangan menyusuri aliran Air Terjun Tancak Kembar. Pastinya kakak-kakak sudah Taukan Air Terjun Tancak Kembar, di Desa Andongsari Kecamatan Pakem, yang sudah familiar di Kota kita tercinta Bondowoso ini...???
Waaaah jangan ngaku orang Bondowoso kalau belum tau Air Terjun Tancak Kembar.
Tepatnya kemarin 10 september 2017. Anggota Divisi Pariwisata Relawan Muda Bondowoso mengawali petualangan menyusuri aliran sungai Air Terjun Tancak Kembar dari hilir, setelah pemukiman warga setempat. Kali ini sangat luar biasa hasilnya. Kami mengunjungi 5 Air Terjun sekaligus tentunya 3 Air Terjun baru.
Untuk menuju target palning,  diawali menuruni tebing yang curam yang berdekatan dengan Pos penjagaan kebun kopi Andongsari (PUSLITKOKA).
Kami berharap Sepanjang perjalanan menyusuri aliran sungai ini ada temuan yang menurut info warga setempat ada banyak air terjun, dengan rasa penasaran dan semangat  bergegas we Can!!! .
Dari titik start explore aliran sungai ini,  kurang lebih 10 menit menyusuri kita disuguhi Air Terjun pertama yang kami Temui, dengan ketinggian kurang lebih 17 meter dengan 2 berundak. Karena Masih di area Tacak Kembar jadi kami beri nama Air Terjun Anak Tancak 3.
Lanjut kakak... Setelah kurang lebih 45 menit dari anak tancak 3 dan lagi kami dikejutkan suara air yang khas. Daaaan Horeeee...!! Air Terjun lagi, dengan ketinggiannya kurang lebih  20 meter dan kami beri nama Air Terjun Anak Tancak 2.
Tanpa menghiraukan rasa lelah karena serunya menjelajah. Kami melanjutkan perjalanan lebih ke hulu. Dan lagi!!
Air Terjun Anak Tancak 1 dengan ketinggian kurang lebih sama dengan anak tancak 2, cukup singkat untuk menuju Air Terjun ini selang 20 menit dari Air Terjun anak tancak 2. Di sini  kita sejenak istirahat dg menikmati sejuk  jernihnya Air Sungai ini. Tidak kami lewati dengan mandi bersama..hehe
lelah kakak..  Haus?!!
Ini air sungai super jernih bisa diminum kalo keadaan darurat. Wkwkwk
Tetapi lebih baik bawalah air bersih sendiri yg lebih sehat kakaak.
Lanjut setelah istirahat, entah karena sudah mandi air jernih ini rasa penasaran itu makin tinggi.  Berharap buruan kami lebih dari sebelumnya, berharap  30 meter nampak setelah Air Terjun ini.
Kami cek jalur di sekitar sepertinya extrime dg medan bebatuan dan terjal 80 drajat. Sepertinya tidak ada jalur nyaman untuk kita melewati, terpaksa kita membuat jalur ala panjat dinding batu prepesonil hehe,  dg berpegangan akar pepohonan di sisi sungai dan perlengkapan seadanya kami mencoba menjadi pembabat heheh (dilarang meniru).
Karena waktu semakin sore dan rute perjalannya makin extrime pula lelah kareta tegang , maka kami putuskan untuk memotong jalur sehingga kami sampai di jalan utama menuju Tancak Kembar. 
Jam 14.00 Sepertinya cukup waktu kami untuk melanjutkan ke Tancak Kembar. Setelah meneikmati Pewona Tancak Kembar kami menuju pulang, so sudah jelas di jalur pulang ada Air Terjun Tancak Jomblo dengan ketinggian hampir sama dengan Tancak Kembar. 
Alhamdulillah dalam sehari 5 Air Terjun yang akan kami persembahkan sebagai hadiah buat rekan-rekan Komunitas Relawan Muda Bondowoso dan Kota Tercinta ini.
Oiya Jangan lupa untuk kakak-kakak kami sarankan jika Anda ingin menikmati petualangan yang cukup super menantang yang pastinya seru ini. Perlulah untuk mempersiapkan fisik dan safety first agar petualangan anda bisa berjalan sesuai rencana. Eh hampir lupa kami sediakan titik kordinat dimasing-masing Air Terjunnya kakaaak untuk mempermudah mengunjunginya.
Silahkan cek linknya di Google Map yaaa!!!.
1. Air Terjun Anak Tancak .
https://goo.gl/maps/N3SRFwQuV3B2
2. Air Terjun Anak Tancak 2.
https://goo.gl/maps/D1zndDt8zDs
3. Air Terjun Anak Tancak 3
https://goo.gl/maps/D1zndDt8zDs.
Dan harapan kami dalam petualangan kali ini. Besar harapan pihak di sekitar lingkungan Desa Andungsari. Serta pengunjung bisa menjaga dan melestarikan potensi yang ada di kota tercinta ini.
Mari bersama-sama untuk menjadi pemuda yang berpotensi dan saling bersinergi guna menginspirasi demi terwujudnya Bondowoso terus maju lebih baik.
Kalau bukan kita siapa lagi..!!??
Kalau bukan sekarang, kapan lagi..??
Saatnya yang muda menjadi Inspirasi.
Jangan Lupa Like & Share .
Salam Relawan Muda Bondowoso We Can...!!






1. Bang ilung.

2. Divisi Pariwisata RMB.

3. Nah ini penampakan dari Air Terjun Tancak Kembar yang sudah familiar.