Sa'atnya yang muda berkreasi !!!

Sa'atnya yang muda berkreasi !!!

Pesona Eksotis Kawah Curah Penai dan Bukit Apet-Lepet Bondowoso



Pegunungan Ijen memang surganya bagi pecinta panoraman kawah. Tidak diragukan lagi halnya Kawah Wurung, Kawah Ilalang, Kawah Ijen tidak diragukana lagi menawarkan karya alam yang dapat menarik banyak wisatawan baik itu domestik ataupun mancanegara. Dari sekian kawah yang berada di pegunungan Ijen ada beberapa kawah yang belum banyak orang mengetahui keindahannya, tentunya dengan panorama tak kala indahnya. Kawah Curah Penai dan Bukit Apet Lepet , kawah yang terletak di Desa Kalianyar Kec. Sempol Kab. Bondowoso atau tepatnya sebelah barat kawah Ijen, bila anda melihat ke arah barat dari pendakian kawah ijen ada hamparan bukit yang rendah yang berlapi-lapis, itulah Bukit Apet Lepet dan di balik bukit tersebut Kawah Curah Penai.
Bukit Apet-Lepet dari sisi barat
Bukit Apet Lepet merupakan potensi wisata alam dengan suguhan keindahan bukitnya belapis-lapis dengan hamparan ilalang menjadi salah satu spot terbaik yang dicari para pencinta fothoshoot. Berbeda lagi dengan Kawah Curah Penai dengan hamparan lahan pertanian warga di area kawah dan bukit bukit yang mungil meruncin mengelilingi kawah layaknya sebuah lukisan jika di lihat dari bukit Apet lepet. Tempat-tempat ini  sangat cocok untuk menambah koleksi fotogenik dan membuat anda seperti berada di dunia dongeng.


Panorama Curah Penai dari Bukit Apet Lepet
Akses untuk menuju ke 2 tempat ini boleh dibilang sangat menantang, pasalanya jalan berpasir dan bergelombang membuat kendaraan susah dikendalikan. Untuk rute menuju tempat ini jika anda dari Kec Sempol arahkan kendaraan anda ke Air Terjun Kalipait. Sebelum sampai di air terjun kali pait atau tepatnya sebelem jembatan, anda akan dipertemukan jalan pertanian warga yang mengarah ke barat/kanan. Dari sana anda akan melalui perjalanan dengan jalan berpasir dan terjal. kurang lebih sekitar 10 menit untuk sampai di gubuk pertaniaa warga sekaligus untuk menitipkan kendaraan, jika anda ingin ke melihat lebih tinggi panorama Apet Lepet  atau Kawah Curah Penai anda harus sedikit menguras energi dengan mendaki bukit yang berada di selatan gubuk tersebut. Di bukit Tersebut  di sisi utara  anda akan dipuaskan dengan keindahan panoram Curah Penai, disisi selatan anda dapat menikmati panorama Bukit Apet Lepet. lokasi ini  membuat indra anda dimanja.
Lahan Pertanian Kawah Curah Penai

Karena letak 2 Lokasi ini sangat jauh dari pemukiman baiknya jika anda ingin berkunjung  mempersiapakan bekal dan perlengkapan Safety. Atau anda bisa memakai produk kami  jasa Ojek Wisata Relawan Muda Bondowoso R-JEK dengan harga terjangkau  siap mengantar ke seluruh destinasi wisata di Bondowoso.
Bukit Apet Lepet dari sisi Utara

Dari beberapa kawah yang berada di pegunungan ijen, beberapa kawah sangat dilarang untuk mengunjungi karena area itu merupakan area Konservasi, misalnya kawah Bulan Sabit, Kawah Daun, Kawah Pintu Angin. Ketiga kawah ini berada di puncak Gunung berapi di Gunung Ijen wilayah Banyuwangi. Saran kami daripada kenak tilang oleh pengawas berkunjung ke tempat dilarang, baiknya berkunjunglah ke wisata kawah yang lebih rekomended seperti Bukit Apt-Lepet, Curah Penai, Kawah Ijen, Kawah Wurung.


Note:
Dilarang merusak,fandalisme, membuan sampah sembarang.

Selamat berwisata, salam lestari Kota Bondowoso. RMB.. We..Can...!!!



VIDEO CURAH PENAI DAN APET LEPET