SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

SAATNYA YANG MUDA BERAKSI !!

KECERIAAN EPN 6 DI DESA PELANGI

Ekspedisi Pelosok Negeri 6
Catatan Perjuangan R-Man  di Desa Pelangi.

Bondowoso 28 -29 Mei 2016



Langit Bondowoso waktu itu cerah nyaris tak ada mendung yang mengganggu langit cerah saat itu, kami yakin ini isyarat alam "Semesta mendukung langkah kita". Tampa berfikir panjang kami Relawan Muda Bondowoso ( R-Man ) mantapkan niat untuk menuju ke Desa pelangi yang lokasinya ada di dusun Karanganyar Desa Sumber Wringin Kecamatan Sumber wringin Kabupaten Bondowoso, pasti kamu bertanya tanya kenapa dinamakan Desa pelangi ?. ini bukan desa laskar pelangi yang ada di Belitung, ini masih di Bondowoso lho disebut desa pelangi karena di desa tersebut banyak terdapat kebun pohon eukalyptus de gupta kerennya dikalanan traveler disebut pohon pelangi.







Sama dengan kegiatan Ekspedisi Pelosok Negeri yang sudah kita laksanakan sebelumnya kegiatanya seputar mengispirasi anak anak pelosok dan melaksanakan Bakti sosial kepada warga. Waktu itu kita berangkatkan dua kloter rombongan relawan, pada hari sabtu tanggal 28 Mei 2016, Rombongan Relawan Muda Bondowoso bagian ispirator siap untuk mengispirasi anak anak SDN Sumber Wringin 2, ketika rombongan kita datang antusias anak anak SDN Sumber Wringin 2 berbondong bondong mereka menghampiri kita dan mencium tangan kita dengan raut muka yang gembira, ada yang lucu ketika kita sampai di SD ini " Mas mau mendaki gunung ya?" tanya polos mereka kamipun tertawa geli dengan pertanyaan mereka "ndak dik kita malah mau bermain sama kalian".








Apel Pra acara waktu itu sangat sederhana dengan kak mahmod yang memandu acara itu, jajaran siswa yang berbaris rapi menambah semangat kita untuk terus berbagi dengan dusun dusun yang ada di kota Bondowoso. Apel pra acara sudah selesai para Relawan Muda Bondowoso mulai memasuki kelas masing masing untuk mengispirasi 1 jam anak anak SDN Sumber wringin 2, banyak cerita kita waktu itu mulai cerita tentang pengalaman kita , profesi kita sampai bermain game dengan anak anak di SDN Sumber Wringin, rasanya sangat menyenangkan satu hari bermain bersama mereka.

Minggu 29 Mei 2016
kegaiatan hari kedua kita di dusun Karanganyar, kegaiatan hari kedua adalah bakti sosial di dusun yang kita kunjungi. Tak sama dengan hari pertama pada hari kedua lebih banyak anggota Relawan yang datang dan ada juga beberapa Komunitas yang hadir berpartisipasi berbagi bersama sahabat kita di pelosok kota Bondowoso, kegiatannya meliputi Istighosah akbar, Bersih desa, pembagian sembako, dan pengobatan gratis untuk warga karanganyar yang notabene adalah pekerja penyadap getah pinus.




Selesai dari kegiatan Bakti sosial seperti biasa, karena kita komunitas dengan motto Traveling and Social tentunya kamu sudah paham lah apa kegiatan kita selanjutnya. Jalan -Jalan alias Traveling masih di Kecamatan Sumber Wringin tak jauh dari dusun tempat kita melaksanaka kegiatan sosial, sekitar 100 meter dari dusun karanganyar disana ada hutan penelitian kata masyaraka setempat disebut hutan bogor, ada ciri khas di hutan ini ada pohon pelangi yang eksotis dan hutan bambu petung kalau kamu berkunjung ke hutan ini sumpah kamu seperti beradi di jepang, setelah puas bermain di kebun bogor kita menuju ke destinasi kedua yaitu air terjun Plampang atau air terjun tancak gedong ( sebutan bagi warga ) perjalanan menuju ke air terjun sekitar 30 menit dari dusun karanganyar bisa ditempuh dengan kendaraan apapun dari parkir kendaraan kita harus jalan kaki menuju ke air terjun sekitar 5 menit saja. lokasi air terjun berada di Dusun Plampang, air tejun yang indah seakan menjadi obat penghilang lelah untuk teman teman yang mengikuti kegiatan Relawan Muda Bondowoso.

Oke sampai disini dulu catatan R-Man 
satu pesan dari kita " Lebih baik menyalakan lilin, daripada kita mengutuk kegelapan"